Nasional

Pemerintah dan DPR Kompak Siapkan Layanan Terbaik Untuk Calon Haji Indonesia

Oleh : hendro - Senin, 23/04/2018 05:15 WIB

Menteri PMK Puan Maharani mengadakan Rakor bersama Menteri Agama , Menteri Kesehatan dan anggota DPR di Arab Saudi.

Madinah, INDONEWS.ID - Memasuki hari kedua kunjungan kerjanya di Arab Saudi,  Menko PMK, Puan Maharani, menggelar pertemuan persiapan penyelenggaraan haji tahun 2018 dengan Menteri Agama,  Menteri Kesehatan dan Komisi VIII DPR RI di Kota Madinah. Pemerintah dan DPR sepakat bekerja sama untuk menyiapkan layanan terbaik bagi calon haji Indonesia. 

"DPR sangat mengapresiasi peran koordinasi yang dilaksanakan Menko PMK untuk memastikan pelayanan kepada calon haji Indonesia berjalan baik. Baru kali ini dalam sejarah dilaksanakan pertemuan koordinasi lengkap melibatkan unsur pemerintah dan DPR. Ini hal monumental", urai Marwan Dasapong, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Minggu (22/4/2018) kemarin. 

Ditambahkannya,  beberapa hal yang disoroti DPR untuk terus dipantau dan dilakukan perbaikan ke depan antara lain: 1) hal-hal yang terkait urusan pelayanan kesehatan; 2) Pemondokan yang diharapkan secara berkelanjutan tetap berada di sekitar Markaziah; 3) Menyangkut pemanfaatan GPS untuk meminimalkan jemaah haji yang tersesat; 4) Fasilitas AC di tenda saat wukuf di Arofah mengingat musim haji tahun 2018 ini cuaca diperkirakan sangat panas; dan 5) Saat di Mina agar calhaj Indonesia diatur lebih baik dan tidak melebihi kapasitas.

Menjawab perhatian dari DPR di atas,  Menteri Agama menjelaskan bahwa menyangkut AC di Arofah,  kendala utama adalah keterbatasan supply listrik dan akan disiasati penggunaan kipas angin berspringkel. Menteri Agama sekaligus mengapresiasi DPR Komisi VII yang telah memberikan persetujuan BPIH lebih awal sehingga Kementerian Agama memiliki waktu cukup untuk mengatur persiapan penyelenggaraan ibadah haji.

Adapun Menteri Kesehatan menyampaikan bahwa pihaknya siap bersinergi dengan Kementerian Agama,  utamanya dalam peningkatan layanan kesehatan dan mewaspadai cuaca panas yang dapat mengakibatkan heat stroke pada jemaah. 

Monev Penyelenggaraan Haji ini merupakan kedua kalinya Menko PMK mengadakan Rakor bersama Menteri Agama dan Menteri Kesehatan di Arab Saudi.

Pada Rakor tahun yang lalu menunjukan bahwa hasilnya sangat positif ditandai dengan meningkatnya indek kepuasan pelayanan haji. 

Menko PMK mengapresiasi berbagai masukan Komisi DPR RI dan menyampaikan bahwa menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah dan DPR utk memastikan agar pelaksanaan haji dari tahun ketahun semakin baik.

Di akhir pertemuan, Menko PMK kembali mengapresiasi seluruh pihak yang secara bergotong royong menyiapkan pelaksanaan ibadah haji 2018. Menko mengajak agar seluruh pihak berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,  khususnya para calon jemaah haji Indonesia. 

"Mari kita bergotong royong memberikan pelayanan terbaik kepada para calon jemaah haji. Tunjukkan bahwa Pemerintah hadir untuk melayani, sekaligus kita tingkatkan capaian indeks kepuasan jemaah haji yang selama 3 tahun terakhir terus meningkat,” tutup Menko PMK. (Hdr)

 

Artikel Terkait