Nasional

Human Interest Sebagai Kekuatan Kemensos dalam Media Sosial

Oleh : hendro - Selasa, 24/04/2018 20:47 WIB

Para pengurus AMDI saat diterima Mensos Idrus Marham di kantornya

Jakarta, INDONEWS.ID  - Media sosial  adalah sebuah keniscayaan dan tidak dapat dipungkiri.  demikian dikatakan Menteri Sosial, Idrus Marham saat gelar diskusi dengan tim dari Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) di Ruang Rapat lantai II Kementerian Sosial RI, Selasa (24/5/2918) siang.

Menurut Idrus, saat ini bangsa Indonesia perlu percepatan akselerasi. Peningkatan lompatan itu hanya bisa dijangkau dengan media sosial.

"Kementerian Sosial telah banyak melakukan action, namun media yang memberitakannya  terlihat masih sedikit. Mari kita cari jalan  keluarnya. Strategi yang bisa menghambat meluasnya berita hoax adalah melalui  media sosial juga, " kata Idrus kepada pengurus AMDI.

Selain itu, Idurs juga menekankan agar dapat  memperkuat parameter dan kriteria-kriteria  serta  metodologinya melibatkan masyarakat.

Beberapa penekanan yang disampaikan  Menteri Sosial terkait metodologi dan pendekatan yang melibatkan elemen-elemen masyarakat.

“Dengan  cara  ini,  kita telah  mendinamisir untuk  pemberitaan, berfikir strategis serta maju beberapa langkah ke depan. Perlu dibicarakan kriteria dan  metodologi yang jelas,” ujarnya.

Sementara itu, Pengurus Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) menyampaikan hasil kerjanya di masyarakat kepada Menteri Sosial, Idrus Marham dalam konteks berbuat ke masyarakat dalam konteks yang ada, khususnya di media sosial dan media tradisional dari media cetak hingga online.

Menurut Bendara AMDI yang juga Piimpred INDONEWS, Asri Hadi, sesungguhnya produksi Hoax yang banyak di tahun politik ini, hanya bisa dilawan dengan sosok-sosok atau siapapun yang memberi layanan, pemberdayaan dan literasi di dunia digital dengan baik.

“Kami adalah sosok-sosok kreatif dan pandai mengolah ide, menjadi sebuah peluang yang dapat menguntungkan banyak orang,” kata Asri Hadi.

Selain itu, tambah Asri, kuncinya di zaman now adalah bagaimana masyarakat  dapat memanfaatkan kemampuan sosial, berinteraksi dalam komunitas, dan kemampuan-kemampuan dasar lainnya. “Kami juga kerap memberi pelatihan ke beberapa komunitas, agar bisa membedakan berita hoax dan bukan,” tambahnya.(hdr)

TAGS : Mensos AMDI

Artikel Terkait