Daerah

Kasdam XIV/Hasanudin Resmi Tutup TMMD 101 Muna Barat

Oleh : luska - Kamis, 03/05/2018 15:23 WIB

Kasdam XIV/Hasanudin Resmi Tutup TMMD 101 Muna Barat. (Ist)

Laworo, INDONEWS.ID – Tepat pukul 09.00 Wita, Kepala Staf Kodam XIV/Hasanuddin, Brigjen TNI Budi Sulistijono, menutup secara resmi pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-101 Muna Barat, Kamis (3/5/2018).

Brigjen TNI Budi Sulistijono, bertindak selaku Inspektur upacara Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-101 di Muna Barat menggantikan posisi Pangdam XIV/Hasnuddin yang semula di rencanakan menutup pelaksanaan TMMD 101 Muna Barat.

Upacara penutupan TMMD Ke-101 Muna Barat tersebut ditandai dengan penyerahan 18 Proyek Pemerintah Daerah Muna Barat oleh Kasdam XIV/Hasanuddin kepada Bupati Muna Barat Drs. L.M Rajiun Tumada, M.Si.

Ke-18 Sasaran fisik TMMD 101 Muna Barat yang diserahkan tersebut diantaranya adalah pembuatan tambatan perahu muara Ds. Tanjung Pinang kec. Kusambi seluas 5X15 m, 5X3 m, pembuatan pagar SDN 10 Barangka Ds. Sawerigadi kec. Barangka, pembuatan pagar SDN 3 Tiworo Tengah sepanjang 104 m, Darinase Lingk kec. Tiworo tengah sepanjang 811 m, Pelataran parkir Wakante Latugho Kec. Lawa pagar SDN 8 Wadaga Kec. Wadaga sepanjang 75 m, Pagar SDN 1 Lawa sepanjang 95 m, Pagar SDN 7 Sawerigadi sepanjang 77 m, Taman rekreasi tugu pesawat seluas 30X22,15 m, Pos PAD Tangkumaho seluas 4X5 m, Bronjong Mata Air Kaliu 97X1 m, Pos PAD Ds. Lindo Kec. Wadaga seluas 4X3,5 m, Pagar Smpn 1 Tikep sepanjang 102 m, pagar smp 1 kusambi sepanjang 63 m, pembuatan pagar SMPN 2 Wadaga sepanjang 75 m, Pagar SDN 4 Tikep sepanjang 76 m, Pagar SDN 9 Barangka sepanjang 101 m, pagar SMPN 1 Sawerigadi sepanjang 104 m.

Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono, yang dibacakan oleh Kasdam XIV/Hasanuddin, Kasad menyampaikan ucapan terima kasih penghargaan yang tulus kepada Pemda Muna Barat dan masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada TNI untuk melaksanaan TMMD Ke-101 di Muna Barat.

Kasad Jenderal TNI Mulyono juga mengungkapkan terima kasih yang setingi-tingginya kepada seluruh komponen masyarakat yang senantiasa hadir untuk bergotong royong dan bahu membahu guna menyelesaikan seluruh pekerjaan secara maksimal, termasuk kepada warga masyarakat yang telah menyambut dan menerima anggota Satgas untuk tinggal bersama layaknya keluarga sendiri.

Untuk diketahui pada tahun ini 2018, TNI bersama masyarakat secara serentak melaksanakan TMMD di 50 wilayah di seluruh tanah air dan pada hari ini Kamis, tgl. 3 Mei 2018 secara serentak ditutup.

Kasad selanjutnya menyatakan bahwa kerja keras yang dilaksanakan di 50 wilayah sasaran TMMD, di seluruh tanah air Indonesia tersebut telah memberikan hasil yang sangat signifikan dan bermanfaat bagi masyarakat yang ada di sekitarnya.

Dengan dukungan anggaran dari Pemda yang mencapai sekitar Rp. 86,935 Milyar, Satgas TMMD dapat menyelesaikan pekerjaan fisik dan non fisik sesuai dengan sasaran dan alokasi waktu yang ditetapkan dengan aman.

Tercatat sekitar 272 sasaran fisik telah dituntaskan, baik berupa pembangunan sarana transportasi dan rehabilitasi jalan, pembuatan dan perbaikan sarana irigasi dan sanitasi, rumah ibadah, tempat tinggal dan sekolah, serta berbagai pusat kegiatan masyarakat, Ungkapnya.

“ Kita merayakan dan mensyukuri atas capaian yang kita raih dalam kurun waktu tersebut. Semoga tekad dan itikad yang dilandasi semangat pengabdian yang tulus dan ikhlas selama pelaksanaan TMMD ini, dapat terganjar dengan kebahagiaan masyarakat yang ada di sekitar kita “ Ujar Kasad.

Kasad selanjutnya juga menegaskan, melalui thema TMMD, "TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa", dirinya berharap agar TMMD tidak hanya menghasilkan output berupa fisik semata, namun juga mampu membangun karakter Bangsa, khususnya generasi mudanya. Hal ini penting, karena output tersebut akan mendorong outcome yang sangat berharga, yaitu generasi muda yang kompetitif dan kemandirian Bangsa, Tegasnya.

Pada bagian lainnya lagi Kasad, menyampaikan, ditengah badai krisis global dan epidemi virus kebangsaan, kita dituntut untuk lebih mampu memelihara dan mengembangkan segenap potensi Bangsa, baik Sumber Kekayaan Nasional, SDM maupun yang lainnya.

Oleh karenanya, demi mewujudkan Bangsa yang mandiri dan sejahtera dalam kerangka NKRI, maka berbagai hal positif yang telah dilakukan selama ini, harus terus dilanjutkan bahkan dikembangkan, Ungkapnya.

Pantauan Penrem 143/Ho, acara Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-101 Muna Barat dihadiri ribuan masyarakat Muna Barat, para pejabat teras Provinsi Sultra dan Pemkab Muna Barat, para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat danTokoh Pemuda Muna Barat.

Tampak hadir dalam acara tersebut Danrem 143/HO, Kolonel Arm. Dedi Nurhadiman, S.I.P, Staf Ahli Pangdam Bidang Sosial Budaya Kolonel Arm. Andi Kaharuddin, Kapendam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf. Drs. Alamsyah, M.Si, Waaster Kasdam XIV/Hasanuddin Letkol Kav. Agus Waluyo,S.I.P, Dandim 1416/Muna , Letkol Inf Idris Hasan,S.Sos, Dandim 1412/Kolaka Letkol Seniman Zega,SH, Dandim 1413/Buton Letkol Inf. Davy, Dandenpom XIV-3/Kendari Letkol CPM. Rusan, SH, Dandenkes Kdi Letkol Ckm dr. Junaidi Mustafa, Sp.P, Dandenbekang XIV-3/Kendari Letkol Cba.Haryoto, Kapenrem 143/HO Mayor Inf. Azwar Dinata, SH.

Turut hadir juga Ketua Persit KCK Koorcabrem 143/Ho, Ny. Dedi Nurhadiman didampingi oleh Ketua Persit KCK Cabang LIX Kodim 1416/Muna beserta pengurus.

Dari Pemerintah Muna Barat tampak hadir, Bupati Muna Barat Drs. L.M Rajiun Tumada, M.Sc, Wakil Bupati Drs. Ahmad Lamani, M.Si, Sekda Muna Barat Drs LM Husein Tali, Wakapolres Muna Kompol Yusuf Mars, Seluruh Kepala SKPD dan Kepala OPD Muna Barat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Muna Barat serta masyarakat Muna Barat. (Lka)

Artikel Terkait