Nasional

BNN Bersama Polri Musnahkan 2,6 Ton Sabu

Oleh : luska - Jum'at, 04/05/2018 11:17 WIB

bnn bersama Polri musnahkan sabu 2,6 ton. (Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - BNN dan Bareskrim polri memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 2,6 ton. yang disita dari 8 orang tersangka. Pemusnahan narkoba tersebut dilaksanakan di Silang Monas, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Dimulai awal okt 2017 BNN menerima info melalui kerja sama internasional, bahwa dikatakan akan ada pengiriman narkoba jenis sabhu dalam jumlah besar ke wilayah Indonesia menggunakan kapal laut.

Menindaklanjuti info tersebut, BNN menugaskan agen ke Thailand dan Myanmar untuk bekerja sama dgn petugas setempat menangkap dan mencegat kapal yang dicurigai membawa sabu.

Ternyata kapal yang diduga berisi narkoba tersebut tidak memasuki wilayah Indonesia melainkan langsung dari Laut Andaman menuju ke Australia. Dengan fakta tersebut pada awal desember 2017 BNN meneruskan info ke Australian Federal Police(AFP) bahwa ada kapal yang dicurigai berisi narkoba menuju Australia.

Beberapa hari kemudian tgl 21/12/17,AFP menginfokan bahwa pihak otoritas Australia telah berhasil menyita 1,2 ton sabu namun kapal pembawa tidak tertangkap, diperkiraan kapal yang lolos masih membawa narkoba kurang lebih 1,1 ton.

Lalu atas kerjasama TNI AL dan BNN pada tanggal 7/02/18 telah ditangkap sebuah kapal bernama Sun Rise Glory di Selat Philip, Batam yang berisi kl 1,1 ton sabu dengan 4 orang Abk.Kapal, semula nama kapal Sunrise Glory ini sudah dirubah namanya menjadi Sun De Man, kapal ini juga telah menurunkan narkoba seberat 1,2 ton di Australia.

Pengembangan dari 2 kasus di Taiwan oleh Cost Guard ditangkap kapal bernama Ji Shou membawa 831 kg sabu denagn 4 orang tersangka, salah satunya WNI, para tersangka juga adalah ABK kapal sunrise glory/sun de man sebelum ditangkap di Batam.

Dalam kasus lain Dit 4 Bareskrim juga menangkap kapal di Perairan Anambas, Kepri yang membawa 1,6 ton sabu, dengan 4 orang tersangka.

Total barang bukti yang disita 4,731 ton sabu, dan 2,6 ton diantaranya yang disita di Indonesia. (Lka)

 

Artikel Terkait