Nasional

Densus 88/AT Ringkus Sejumlah Terduga pelaku Teroris di SUMUT

Oleh : luska - Rabu, 16/05/2018 06:31 WIB

ilustrasi teroris (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Detasemen Khusus (Densus) 88 dikabarkan kembali meringkus terduga teroris  dari sejumlah dumatra Utara (Sumut), Selasa (15/5/2018), salah satunya dilakukan di daerah Tanjung Balai Sumut.

Ketiga terduga teroris diringkus dalam operasi yang dilakukan Tim Densus 88 di Tanjung Balai. Satu diantaranya tewas ditembak petugas.

Tim beranggotakan Densus 88 dan Brimob, pada Selasa (15/5), menggerebek sebuah rumah di lingkungan IV Kelurahan Beting Kuala Kapias (BKK), Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Sumut, yang dihuni sejumlah pria mencurigakan. Informasi dihimpun di lapangan menyebutkan, penggrebekan berawal dari laporan kepala lingkungan yang mengetahui adanya sebuah rumah di Jalan Yos Sudarso Lingkungan-IV, Kelurahan BKK itu yang dihuni sejumlah pria dengan aktivitas mencurigakan.

Berikut kronologis salh satu penangkapan pelaku teroris di Sumut :

Pukul 14.30 Wib Tim Densus 88 AT Mabes Polri bersama dengan Dit Intelkam Poldasu melakukan penangkapan terhadap salah satu pelaku Terorisme an. Muhammad Yusuf Rangkuti, 28 Tahun, Islam, Alamat Jl Pukat I Gg Sekolah Nomor 4 Kel. Banten Kec. Medan Tembung bertempat di Simpang Sei Sikambing Sekip Kec.Medan Petisah, diamankan ketika sedang menaiki sepeda motor menunggu orderan Gojek.

Pukul 16.00 Wib Tim Densus 88 AT Mabes Polri bersama dengan Dit Intelkam Poldasu melakukan penangkapan terhadap Syafrizal Lubis, Islam, umur sekitar 38 thn, pekerjaan Jual susu kedelai keliling, memiliki anak 2 orang, diamankan ketika mengendarai sepeda Motor keluar dari Masjid Ulayat lahan Garapan Desa Sampali Kec. Percut Sei Tuan, Selanjutnya melakukan penggeledahan terhadap Rumah bertempat di Jl. Semenanjung II Lahan Garapan Pasar IV Desa Sampali Kec. Percut Sei Tuan.

Pukul 17.00 Wib Tim Densus 88 AT Mabes Polri bersama dengan Dit Intelkam Poldasu bergerak menuju kediaman salah satu pelaku terorisme An. Wahyu, Islam, umur 38 thn, pekerjaan wiraswasta, memiliki 2 orang anak, namun yang bersangkutan sudah melarikan diri dan rumah dalam keadaan Kosong.

Pukul 19.00 Wib dilakukan Pengembangan dan Penggeledahan rumah salah satu pelaku Terorisme an.Muhammad Yusuf Rangkuti bertempat di Jl Pukat I Gg Sekolah Nomor 4 Kel Bantan Kec. Medan Tembung yang ditempati bersama Orangtua dan Keluarganya.

Dalam Penggeledahan Ayah Muhammad Yusuf Rangkuti menyampaikan bahwa yang bersangkutan merupakan anak 3 dari 7 Bersaudara yang bekerja sehari-hari sebagai pengemudi Gojek Roda 2 beroperasi di Medan, sebelumnya yang bersangkutan sempat tinggal di jl Cemara (Indekos) selama sebulan namun karena tidak sanggup membayar kembali kerumah. Ayah bersangkutan menyampaikan bahwa Muhammad Yusuf Rangkuti merupakan anak baik-baik dan Rajin Sholat.

Dari penangkapan tersebut petugas berhasil menyita barang bukti yang diamankan dari rumah salah satu pelaku terorisme an. Muhammad Yusuf Rangkuti yaitu : Al Quran besar 1 Buah, Al Quran Kecil 1 Buah, Kaset Cd, Buka Notes Warna Merah berisikan foto copi KTP.

Saat ini para Pelaku terorisme saat Ini telah diamankan di Mako Brimob Polda Sumut.

Artikel Terkait