Daerah

Pemprov DKI Bangun Intermediate Treatment Facility

Oleh : hendro - Minggu, 20/05/2018 14:39 WIB

Wakil Gunernur Sandiaga Uno saat mencanangkan pembangunan Fasilitas Pengolahan Sampah Dalam Kota atau Intermediate Treatment Facility (ITF) di bekas Area Stasiun Peralihan Antara (SPA)  Sunter (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Untuk menyerap ribuan tenaga kerja, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencanangkan pembangunan Fasilitas Pengolahan Sampah Dalam Kota atau Intermediate Treatment Facility (ITF) di bekas Area Stasiun Peralihan Antara (SPA)  Sunter, Jakarta Utara. 

Menurut Wakil Gunernur Sandiaga Uno,  ITF Sunter tidak lain adalah hasil kerjasama antara lembaga internasional, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Protindo serta masyarakat sekitar.

Selain dapat menyerap 7.000 lapangan kerja, Sandiaga juga menjelaskan,  ITF Sunter juga merupakan langkah Pemprov DKI Jakarta untuk memanfaatkan sebagian sampah di Jakarta, menjadi pembangkit listrik.

"Ini akan menciptakan suatu efisiensi bahwa 2.200 ton sampah, 25 persen sampah di Jakarta akan di konversi menjadi 35 watt," ujar Sandiaga di Sunter , Minggu (20/5/2018).

Dengan demikian, sampah yang identik dengan kata kotor dan bau, ke depan akan lebih bermanfaat bahkan memiliki nilai ekonomi dan menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat.

Untuk pembiayaan pembangunan, tambah Sandi, pihaknya mendapatkan bantuan dari  bank Dunia  melalui International Finance Corporation.(hdr)

Artikel Terkait