Nasional

YLKI Sarankan Rest Area di Tol Trans Jawa Diaudit

Oleh : hendro - Minggu, 20/05/2018 20:45 WIB

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi

Jakarta, INDONEWS.ID – Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan, pemudik akan bereuforia menggunakan jalan tol Trans Jawa sebagai jalur utama, menyusul akan diberikan diskon tarif tol. Hal itu akan mengakibatkan peningkatan yang  signifikan.

Selain itu, kata Tulus, dengan adanya trafik jumlah kendaraan pemudik, potensi kemacetan lalu lintas di jalan tol  diperkirakan akan terjadi akibat keberadaan rest area atau area peristirahatan.

"Diperlukan management traffic yang lebih cerdas dan kreatif di rest area jalan tol, agar hal itu tidak terjadi," ujar dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (20/5/2018).

Untuk mengantisipasi itu semua, Tulus meminta agar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Korlantas Mabes Polri, pengelola jalan tol, dan Dinas Perhubungan setempat untuk melakukan audit keandalan rest area jalan tol untuk persiapan mudik Lebaran.

Tulus mengungkapkan, beberapa hal yang perlu diaudit, antara lain‎ soal akses air bersih yang cukup untuk toilet, khususnya toilet umum untuk perempuan. Pastikan tidak ada antrean mengular di toilet perempuan dan karena itu perlu portabel toilet untuk memangkas antrean itu.

Selain itu, tambah Tulus, jika perlu pengelola tol harus menyediakan musala tambahan. Sebab, selama ini antren panjang bukan hanya di toilet, melainkan juga di musala atau masjid di rest area.

"Hal ini juga menjadi pemicu kepadatan trafficdi rest area, dan akhirnya memicu kemacetan," lanjut dia.

Lebih lanjut Tulus mengatakan, pengelola tol juga harus memastikan tidak terjadi antrean panjang saat mengisi BBM di SPBU. Sebab, ekor antrean yang biasanya memicu kemacetan hingga badan jalan tol.

YLKI menyarankan agar dilakukan buka tutup di rest area tertentu. Rest area di jalan tol‎ yang sudah melebihi kapasitas, maka harus ditutup dan dialihkan pada rest area berikutnya, sampai kondisi lalu lintas mencair kembali. (hdr)

 

Artikel Terkait