Nasional

Sandiaga : Pembangunan SDM Kuat akan Bangun Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia

Oleh : luska - Senin, 21/05/2018 11:38 WIB

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno memimpin Upacara hari Kebangkitan Nasional di Monumen Nasional.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di lapangan parkir eks IRTI Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Senin(21/5/2018).

Upacara diawali dengan laporan dari komandan upacara kepada Sandi dan dilanjutkan pengibaran bendera merah putih oleh pasukan paskibra diikuti dengan nyanyian lagu Indonesia Raya.

Sandiaga membacakan langsung amanat dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Menkominfo) Rudiantara.

Dalam amanatnya, Menkominfo menyampaikan bahwa para pendahulu telah memberikan yang terbaik bagi terbentuknya bangsa dengan memberikan komitmen sepenuh jiwa raga, meskipun dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana saat itu, mereka terus menghidup-hidupi api nasionalisme dalam diri masing-masing.

“Sekarang kondisi bangsa ini telah punya hampir segala yang dibutuhkan dan telah mampu menghasilkan energi yang dahsyat dan mampu untuk membawa kepada kejayaan,” terangnya.

“Dalam Butir kelima dari Nawacita Kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan,” kata Menkominfo dalam sambutannya.

“Pada awal tahun ini, visi tersebut mendapat penekanan lebih melalui amanat Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) pada tahun 2019, melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pada tahun-tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Rudianta dalam amanatnya juga menjelaskan, bahwa kekayaan alam merupakan sumber daya yang terbatas. Butuh segudang prasyarat untuk bisa dieksploitasi, dan selalu ada limit untuk menggenjot pemanfaatannya. Sedangkan sumber daya manusia kita menyediakan kapasitas dan kapabilitas yang sangat luas untuk dikembangkan.

“Oleh sebab itu tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital” dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini, harus dimaknai dengan upaya- upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang guna meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri,” tegasnya.

Di akhir amanatnya, Menkominfo mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-110. Mari maknai peringatan tahun ini di lingkungan kita masing-masing, sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang.

Selain para ASN, upacara ini juga antara lain diikuti perwakilan siswa sekolah menengah atas (SMA), tagana, ormas, menwa, TNI, dan Polri.

Dalam kesempatan ini, Sandi menggantikan tugas Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta. Sandi yang didampingi sang istri Nur Asia Uno tiba di lokasi upacara sekitar pukul 07.15 WIB.

Keduanya disambut Sekda Saefullah beserta istrinya Kepala Dishub DKI Andri Yansyah, dan Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Tinia Budiati.

Sesampainya di lokasi upacara, Sandi dan sang istri pun menyalami satu persatu tamu undangan yang berada di belakang panggung utama upacara Harkitnas. Saat upacara dimulai, Sandi selaku inspektur upacara naik ke atas panggung untuk memimpin upacara.(Lka)

Artikel Terkait