Bisnis

Rini: Mekaar Mampu Buka Akses Keuangan bagi Kelompok Pra-sejahtera

Oleh : very - Sabtu, 26/05/2018 15:59 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno memberi semangat pada para Agen Mekaar. (Foto: ist)

 

Bandung, INDONEWS.ID - Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, salah satu program PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yakni Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dinilai mampu memberi akses keuangan bagi masyarakat pra-sejahtera di Indonesia.

"Mekaar merupakan layanan pemberdayaan melalui pembiayaan berbasis kelompok bagi perempuan pra-sejahtera, yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberian kredit skala ultra mikro," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno di Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/5/2018).

Menurutnya, Mekaar secara langsung memberi akses keuangan pada berbagai masyarakat termasuk kelompok para ibu yang berpotensi menjadi pendukung ekonomi keluarga.

Sejak dimulai pada akhir November 2015, PNM Mekaar ini telah berhasil menyerap puluhan ribu karyawan atau agen dan jutaan nasabah. Plafon kredit yang diberikan tersedia mulai dari Rp500 ribu sampai dengan Rp3 juta untuk setiap nasabah.

"Diharapkan Ibu-Ibu bisa memperbaiki kehidupannya, tentunya dengan didampingi agen Mekaar. Agen tersebut bisa membantu untuk meningkatkan kehidupan dan usaha mereka," kata Rini.

Pada 2018 ditargetkan jumlah nasabah Mekaar bisa mencapai empat juta nasabah. Sementara pada April 2018 nasabah aktif Mekaar secara nasional telah melampaui angka 2,8 juta jiwa dengan lebih dari 22 ribu agen yang mendampingi.

Total dana yang tersalurkan sudah mencapai Rp6,76 triliun, dengan rata-rata pembiayaan yang diberikan sebesar Rp2,1 juta per nasabah.?Sementara tingkat kredit macet (NPL) Mekaar berada di angka 0,25 persen. (Very)

Artikel Terkait