Nasional

TNI AL Gelar Mudik Gratis Lebaran 2018

Oleh : luska - Jum'at, 08/06/2018 18:38 WIB

Kasal Laksamana Siwi melepas mudik gratyis prajurit TNI AL di Mabes AL, Cilangkap,Jakarta.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H, TNI AL memberangkatkan rombongan mudik gratis bagi Prajurit AL dan keluarga, Jumat (8/6/2018).

Pelepasan keberangkatan para pemudik prajurit TNI AL ini dilakukan langsung oleh Kepala Staf TNI AL ( Kasal) Laksamana Siwi Sukma Adjie di Markas Besar TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur.

Kegiatan ini diikuti sekitar 1.641 orang dengan alokasi 31 bus, Komando Armada I sebanyak 432 orang dengan alokasi delapan bus, dan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) 270 orang yang diangkut lima bus, personel Seskoal 270 orang dengan alokasi lima bus, Pushidrosal 270 orang dengan lima bus, Korps Marinir 540 orang dengan 10 bus, dan Lantamal III 270 orang dengan lima bus.

Dikatakan Siwi, pada tahun ini, TNI AL menyediakan angkutan mudik gratis sebanyak 69 bus tujuan Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya.

Bahkan, lanjut Kasal pihaknya juga telah menyiapkan kapal KRI untuk mengangkut para pemudik bila diperlukan oleh Kementerian Perhubungan.

" TNI AL telah mensiagakan empat Kapal KRI untuk mengangkut para pemudik misalnya ke Aceh, Papua atau lainnya bila diminta oleh Kemenhub, kalap kalap TNIA AL ini telah standbay di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priuk Jakarta Utara.

Kasal berharap, dengan adanya kegiatan mudik bareng ini, dapat membantu dan memudahkan prajurit beserta keluarga besar TNI AL dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman.

"Ini sekaligus memperkecil risiko kecelakaan lalu lintas di jalan selama proses Lebaran, dan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi prajurit agar terhindar dari kecelakaan menggunakan kendaraan roda dua," imbuh Siwi.

Tidak lupa Kasal juga menyampikan ucapan terima kasih kepada bank rekanan yang ikut menyumbang armada dalam menyukseskan mudik gratis ini. Di antaranya, 25 bus merupakan dukungan Bank Mandiri, 15 bus dukungan BNI, 10 bus BRI, lima bus Kemenhub, 14 bus dari kendaraan dinas TNI AL, lima bus Spotmar KSAL, serta satu bus dukungan Denma Mabesal. (Lka)

Artikel Terkait