APP Sinar Mas Bersama Republika Wakafkan 1.200 Al-Quran Untuk Anak Yatim

Oleh : hendro - Sabtu, 09/06/2018 23:36 WIB

Managing Director Sinar Mas Saleh Husin saat menyerahkan wakaf Al-Quran kepada Anak-anak Yatim Sejabotabek

 

Jakarta, INDONEWS.ID– Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bekerja sama dengan Republika menyalurkan 1.200 Al-Quran dengan kualitas terbaik kepada 1.000 anak yatim se-Jabodetabek dalam acara Republika Berbagi Bersama Sahabat, Sabtu (9/6/2018).

Keterlibatan APP Sinar Mas dalam acara tersebut merupakan bentuk kepedulian perusahaan dalam mendukung peningkatan literasi Al-Quran bagi anak-anak usia sekolah. 

Managing Director Sinar Mas Saleh Husin, menjelaskan literasi Al-Quran di Indonesia masih butuh peningkatan. Hal ini terefleksikan oleh dua penelitan mengenai literasi Al-Quran, pertama oleh kajian Kementerian Agama pada 2016 tentang Indeks Literasi Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas tingkat nasional yang masih berada pada kategori sedang.

Kedua, kajian Institut Ilmu Alquran (IIQ) pada Januari 2018 mengungkapkan sekitar 65 persen masyarakat Indonesia buta huruf Al-Quran.

“Program Wakaf Quran ini dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan literasi Al-Quran di tingkat anak-anak usia sekolah sekaligus wujud penerapan nilai-nilai kebaikan Ramadan dengan semangat saling berbagi kepada sesama. Memasuki tahun ke-10 pelaksanaan program Wakaf Quran, kami menargetkan dapat mendistribusikan satu juta Al-Quran ke seluruh pelosok Indonesia, sehingga indeks literasi Al-Quran dapat meningkat,” kata Saleh Husin.

Pada kesempatan kali ini, APP Sinar Mas menggandeng Republika sebagai mitra pendistribusian Al-Quran karena Republika merupakan koran nasional yang dilahirkan dari komunitas Muslim di Indonesia. Selain Al-Quran, APP Sinar Mas juga mendonasikan 1.200 juz amma dan 1.200 buku tulis kepada anak-anak Yatim.

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi memberikan apresiasi terhadap program Wakaf Quran yang digagas oleh APP Sinar Mas. Kepedulian perusahaan untuk meningkatkan literasi Al-Quran dan mengurangi angka buta huruf Al-Quran akan sangat membantu untuk melahirkan generasi penerus Indonesia yang memahami dan menerapkan nilai-nilai luhur dari kitab suci Al-Quran. 

“Kami menyambut baik program Wakaf Quran yang digagas oleh APP Sinar Mas untuk 1.000 anak yatim yang kami rangkul dalam acara ini. Kami pun bangga dapat terlibat untuk menyediakan wadah untuk membantu penyebaran program ini agar tepat sasaran. Terlebih, program ini juga turut mendorong anak-anak usia sekolah untuk dapat terus belajar serta mengamalkan nilai-nilai luhur di dalam Al-Quran,” ujar Irfan

APP Sinar Mas menempatkan kegiatan wakaf ke dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) yang mengedepankan produk dan merek andalan sendiri. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk memperkuat penggunaan produk dalam negeri.

Kertas Al-Quran yang diwakafkan menggunakan kertas premium khusus Sinar Tech atau yang lebih dikenal sebagai QPP. Produk kertas yang dikembangkan oleh unit industri APP Sinar Mas, Indah Kiat Pulp & Paper – Tangerang ini memiliki tekstur yang sangat halus.

Tekstur ini membuat hasil cetak di atas QPP sangat baik dan detil, tinta tidak meluber, tidak tembus, serta tidak menyilaukan mata pembacanya. Kualitas cetakan QPP mampu bertahan hingga 100 tahun dalam keadaan normal.

Kertas ini telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia karena bahan baku dan proses produksinya memenuhi kaidah kehalalan. 90 persen produk QPP diekspor ke berbagai negara di Asia dan Afrika karena kualitasnya yang sangat baik.

“Kami sangat berharap program ini dapat memberikan dampak yang baik bagi peningkatan literasi Al-Quran generasi muda Islam di Indonesia. Al-Quran dengan kualitas terbaik dan ketahanan tinggi ini dapat dipakai dalam jangka panjang, sehingga dapat diwariskan ke generasi berikutnya.” tutur Saleh Husin.

Sejak tahun 2008, APP Sinar Mas melalui program Wakaf Quran telah mendonasikan lebih dari 800.000 Al-Quran, buku panduan membaca Al-Quran atau Juz Amma, serta Al-Quran braille bagi tunanetra. Donasi tersebut disalurkan melalui mitra maupun pilar usaha Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.(hdr)

Artikel Terkait