Nasional

Pantauan Pemudik Lebaran 2018 di Terminal Bus, Bandara Udara dan Stasiun KA

Oleh : luska - Senin, 11/06/2018 14:33 WIB

Pemudik madati Stasiun Senen.

Jakarta, INDONEWS.ID - Selain menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang kampoung dalam rangka merayakan Lebaran 2018, para pemudik juga menggunakan transportasi umum. Sejak Jumat (8/6/2018) kemarin para pemudik telah memadati sejumlah terminal keberangkatan angkutan umum seperti terminal Kp Rambutan, Bandara Halim Perdanakusuma dan Stasiun Kereta Api Senen dan Gambir.

Terdapat kelonjakan penumpang disetiap titik keberangkatan transportasi umum ini, namun hal tersebut telah diantisipasi oleh pihak pemerintah dengan menyiapkan armada tambahan ke setiap provinsi yang dinilai padat pemudik, sehingga tidak terjadi adanya penumpukan penumpang. 

Terminal Kampung Rambutan mulai bergeliat sejak H-5 kemarin, sebanyak 150184 pemudik telah memadati dan meninggalkan terminal antar provinsi ini. Namun demikian para penumpang di Terminal Kampung Rambutan ini terangkut dengan lancar oleh bus bus yang telah dipersiapkan.

" Ada peningkatan arus mudik menjelang lebaran pada tahun ini, di 2018 itu H-5 sebanyak 15.184 dengan kendaraan 473," jelas Kepala Terminal Kampung Rambutan Emiral August D di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Senin (11/6/2018).

Untuk mengantisipasi kurangnya armada angkutan bagi para pemudik, Terimnal Kampung Rambutan juga telah menyediakan 29 bus tambahan.

Armada bus tambahan tersebut dipersiapkan untuk pemudik yang bertuijuan daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera yaitu Palembang dan Lampung.

Membludaknya lonjatan pemudik ini, menurut Kepala Terminal Kp Rambutan dikarenakan adanya tambahan libur panjang antara pegawai dengan anak sekolah.

Di hari yang sama untuk arus mudik melalui Bandara Halim Perdana Kusuma, tercatat sebanyak 49.557 penumpang telah memadati bandara sejak H-5, jumlah ini juga mengalami kenaikan dibanding tahun 2017.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Lebaran Bandara Halim Perdanakusuma, Senin (11/6/2018) jumlah pemudik terus meningkat setiap harinya. Tercatat hingga H-5 atau Minggu (10/6) ada 340 penerbangan dengan 49.557 penumpang berangkat.

Sedangkan untuk pemberangkatan pemudik menggunakan Kereta Api, terpantau dari Stasiun Senen dan Stasiun Gambir tercatat PRT KAI telah memberangkatkan 44.820 pemudik.

Jumlah para pemudik tersebut terbagi dua kereta api yaitu penumpang dari 58 KA reguler dan penumpang dari 21 KA tambahan.

"Keseluruhan keberangkatan kereta api dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir ada 79 kereta api," ujar Senior Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo , Senin (11/6/2018).

Selama masa angkutan Lebaran dari tanggal 5 -10 Juni, sekitar 143.465 penumpang sudah diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen. (Lka)

Artikel Terkait