Nasional

Gencar Sosialisasi, Puluhan Senpi Milik Warga Diserahkan ke Kodam XII/Tanjungpura

Oleh : luska - Kamis, 14/06/2018 15:28 WIB

Warga saat menyerahkan senpinya kepada Satgas di Kodam XII/Tanjungpura.(Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam rangka penertiban penggunaan senjata api rakitan di masyarakat, Kodam XII/Tanjungpura terus melakukan sosialisasi memberikan pengetahuan dan pandangan terkait kepemilikan senpi.

Sosialisai yang terus menerus digalakkan oleh Kodam Tanjungpura membuahkan hasil, secara bergelombang ratusan masyarakat di wilayah teritorial Kodam XII menyerahkan senpi kepada pihak satgas Yonif.

Kebanyakan jenis senpi yang dimiliki dan diserahkan masyarakat kepada pihak Kodam XII senpi laras panjang berjenis lantak, Bowmen serta senjata api laras pendek. Senjata api tersebut merupakan senjata api rakitan dan bukan standar TNI maupun Polri.

Dari pengakuan semua yang telah menyerahkan senpi, mereka mengaku bahwa senpi tersebut hanya dipergunakannya untuk berburu.

Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Letkol Inf Aulia Fahmi menerangkan untuk peningkatan kesadaran warga dalam hal penyerahan senpi di wilayah Kodam XII/Tanjungpura, di tahun 2018 ini ada peningkatan yang luar biasa, dibandingkan tahun sebelumnya.

" Tahun 2018 selama 6 bulan terakhir ini sudah puluhan kali warga menyerahkan senpi miliknya, selain Satgas Yonif, ada juga penyerahan senjata kepada Satgas Kodam XII/Tanjungpura sedang bertugas di perbatasan, secara sukarela," jelas Kapendam Aulia Fahmi saa dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Kamis (14/6/2018),

Dijelaskan Kapendam, awalnya warga tidak langsung percaya apalagi yang namanya untuk menyerahkan senpi. Namun, hasil kerja keras yang dilakukan oleh prajurit Satgas, dalam memberikan pemahaman dan kedekatan antara TNI dan Rakyat, membuahkan hasil, warga dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan mau menyerahkan senpinya.

Penyerahan lebih dari satu pucuk, pernah dilakukan oleh warga yang diterima oleh anggota Satgas Kodam XII/Tanjungpura, Sertu Surya.

Saat itu Sertu Surya, menerima senpi dalam satu pekan, menerima tujuh pucuk senpi. Pertama dua pucuk, dan yang keduanya menerima langsung sebanyak lima pucuk senpi.

Sebagai informasi untuk tahun 2018 ini, Kodan XII/Tanjung pura telah menerima puluhan senpi rakitan warga. Senpi tersebut diberikan langsung oleh warga kepada petugas satgas. Bulan Maret 2018, Sertu Surya, anggota Deninteldam XII/Tpr, telah menerima penyerahan senpi rakitan lebih dari satu pucuk dari warga.

Saat itu Sertu Surya, menerima senpi dalam satu pekan, menerima tujuh pucuk senpi. Pertama dua pucuk, dan yang keduanya menerima langsung sebanyak lima pucuk senpi.

Pada Sabtu 11 Maret 2018, anggota Satuan Tugas Kodam XII/Tanjungpura telah menerima penyerahan Senjata Api Jenis Lantak sebanyak lima pucuk diserahkan secara sukarela dari dua keluarga.

Senpi diserahkan Markus (32) warga Kampung Bobor Mandor, Landak Kalimantan Barat, menyerahkan dua pucuk dan Farnsiskus (26) warga Gunung Tamang Tayan, Sanggau, Kalimantan Barat, menyerahkan sebanyak tiga pucuk senjata, kelima senjata api tersebut diserahkan di rumah Bapak Markus

Pada Kamis, 31 Mei 2018 di Dusun Serangkang, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, juga telah ada penyerahan satu pucuk senjata api laras panjang (rakitan) jenis Lantak milik Bapak Cang (40), diterima oleh Komandan Pos (Danpos) Serangkang Satgas Pamtas Yonif 511/DY, Serka Aries Setyawan, Penyerahan Senjata Api tersebut tanpa ada paksaan, diserahkan dengan secara sukarela.

Pada Jumat, 1 Juni 2018 Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Masirin, anggota Koramil 1016-05/Tumbang Jutuh, jajaran Kodim 1016/Palangka Raya, telah menerima 1 Senjata Api (Senpi) laras pendek dari warga Jakatan Raya RT 06 /RW 05, Rungan, Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Pada 7 Juni 2018, tiga pucuk Senjata Api (Senpi) diantaranya, dua Senpi laras panjang dan satu senpi laras pendek serta dua munisi aktif, diserahkan warga perbatasan kepada anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 511/DY dan Yonif 320/Badak Putih, yang saat ini sedang bertugas di wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia.

dan yang terbaru adalah Rabu 13 Juni 2018 Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Infanteri (Yonif) 320/Badak Putih, telah menerima penyerahan senpi dari warga yang terdiri dari sembilan pucuk senjata api rakitan laras panjang jenis bowmen dan satu pucuk jenis pistol rakitan, termasuk penyerahan dua pucuk , di pos Sei Seria, Ketungau Hulu, Sintang. Dan untuk barang bukti seluruhnya diamankan di pos Kotis Satgas Pamtas yonif 320/BP. (Lka)

Artikel Terkait