Daerah

Tangkap Buaya di Kawasan Ancol, Pemprov DKI Turunkan Pawang Buaya

Oleh : hendro - Senin, 18/06/2018 05:20 WIB

Wagub DKI Sandiaga Uno

Jakarta, INDONEWS.ID - Buntut kemunculan buaya di kawasan Pondok  Dayung Jakarta Utara, membuat Pemerintah(Pemprov) DKI Jakarta  menurunkan tim dari Kebun Binatang Ragunan untuk membantu menangkap hewan buas berukuran 3 meter tersebut.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, tim yang diterjunkan tersebut merupakan pawang buaya. Karena itu, tim yang diterjunkan akan membawa jaring dan tidak ada penembakan kepada hewan tersebut.

"Lebih baik ditangkap dengan jaring dan dikembalikan ke penangkaran atau ke habitatnya," kata Sandiaga di kawasan Pekan Raya Jakarta (PRJ), Jakarta, Minggu (17/6/2018) kemarin.

Dia menyebut hal tersebut sejalan dengan pernyataan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar untuk tidak ada penembakan.

Tak hanya itu, Sandiaga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak langsung melakukan eksekusi ketika melihat kemunculan buaya. Namun dapat memberikan informasi tersebut kepada pihak berwajib seperti Komando Armada Barat (Koarmabar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah ataupun Pemadam Kebakaran. 

"Jangan langsung dieksekusi, langsung laporkan kepada pihak berwajib," ucapnya.

Untuk diketahui sebelumnya, seekor buaya dengan panjang sekitar 3 meter muncul di kawasan Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Buaya tersebut masih terus diburu. Kemunculan buaya tersebut terekam video hingga viral di media sosial. Video berdurasi 27 detik ini pun banyak disebarkan dalam pesan singkat. (Hdr)

Artikel Terkait