Nasional

Lanal Bangka Belitung Karya Bakti dan Komsos Pada Acara Peh Cun Festival 2018

Oleh : luska - Selasa, 19/06/2018 23:36 WIB

Lanal Bangka Belitung Laksanakan Karya Bakti dan Komsos Pada Acara Peh Cun Festival 2018

Jakarta, INDONEWS.ID - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Karya Bhakti dan Komsos pada acara Peh Cun Festival 2018 dengan tema “Membangun Wisata Bahari Dalam Pembauran Budaya” berupa transpalasi terumbu karang di Pantai Batu Bedaun, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Senin (18/6).

Kegiatan Karya Bhakti dan Komsos pada acara Peh Cun Festival 2018 dibuka secara resmi oleh Komandan Lanal Bangka Belitung Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto, S.E., selain diisi dengan transpalasi terumbu karang karang di Pantai Batu Bedaun Kecamatan Sungai Liat Kabupaten Bangka, juga diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa Tionghoa seperti Larungung Naga, Pentas Seni, Ritual Budaya, Air Abadi, Nganggung, Barongsai, dan Telur Hoki.

Setiap tahunnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan kegiatan ritual Peh Cun yang mana sudah menjadi tradisi dan merupakan agenda wisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ritual Peh Cun merupakan salah satu kekayaan budaya yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sekaligus menjadi wisata budaya andalan di Negeri Serumpun Sebalai.

Kegiatan ritual Peh Cun sudah dilaksanakan sejak dulu yang mana ditandai dengan berdirinya telur secara tegak lurus, dalam kepercayaan Tionghoa, orang yang berhasil mendirikan telur akan mendapatkan berkah dari langit. Setiap pelaksanaan Ritual Peh Cun mendapat sambutan dari masyarakat terutama dari etnis Tionghoa atau Umat Konghucu.

Dalam Sambutannya, Komandan Lanal Bangka Belitung Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh panitia dan masyarakat atas terselenggaranya acara Peh Cun Festival Tahun 2018. Peh Cun adalah hari yang sangat penting dalam kebudayaan dan sejarah masyarakat Tionghoa di Bangka Belitung ini, kita berharap dengan terlaksananya festival ini dapat lebih memperat tali persaudaraan masyarakat yang ada di Bangka Belitung.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa Bhakti TNI Angkatan Laut berupa transpalasi terumbu karang, dengan harapan nantinya menjadi destinasi wisata bawah laut, menjadi tempat berkembang biaknya biota laut, serta sebagai sumber pangan dan kesejahteraan nelayan. Kegiatan ini juga merupakan salah satu perwujudan dan bentuk kepedulian kita untuk meningkatkan pariwisata dan kualitas hidup masyarakat di Bangka, semoga apa yang kita laksanakan saat ini dapat bermanfaat untuk masa depan masyarakat Bangka Belitung.

Acara dihadiri oleh Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kapenrem 045/ Gaya, Kapolres Bangka (diwakili), Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (diwakili), Danramil Sungai Liat, Camat Sungai Liat, Kasatpol PP Kabupaten Bangka, Komunitas Media Bangka Belitung, Ketua MAKIN Kabupaten Bangka, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Tionghoa Kabupaten Bangka.

Artikel Terkait