Nasional

Menhub: Idealnya Kapal Motor Berjenis 35 GT Kapasitasnya 43 Orang

Oleh : hendro - Kamis, 21/06/2018 05:07 WIB

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi

Jakarta, INDONEWS.ID - Terkait musibah Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang tenggelam di perairan danau Toba, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa kapasitas ideal yang bisa ditampung Kapal Motor (KM) Sinar Bangun adalah 43 orang. 

"Dari keterangan yang kami peroleh kejadian kecelakaan KM Sinar Bangun dengan jenis 35 GT. Kalau 35 GT seharusnya kapasitas muatannya sekitar 43 orang," kata Budi di Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2018, Rabu (20/6/2018) kemarin.

Namun demikian, kata Budi , untuk sementara ini belum menyatakan kapal tersebut kecelakaan karena kelebihan muatan. Karena pihaknya masih menunggu kepastian dari pemeriksaan yang dilakukan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). 

Budi menjelaskan, dalam pelaksanaan operasi kapal tersbut legal namun dalam perjalanannya tidak legal. Terlebih, kapal tersebut tidak memiliki data manifes yang bisa memberi tahu jumlah pasti dari penumpang yang ada. 

Berkaitan dengan kapasitasnya, Budi menilai jika berjenis 35 GT merupakan kapal kecil. "Meski seharusnya hanya bisa 43 orang, ini penumpangnya kalau 80 masih mungkin tapi kalau 200 tidak mungkin," jelas Budi. 

Untuk diketahui, setelah adanya kecelakaan tersebut, sebanyak 192 orang dilaporkan hilang. (Hdr)

Artikel Terkait