Nasional

Pasangan Ridwan Kamil Menang, Lembaga Survey : Bukan Hal Baru

Oleh : luska - Sabtu, 30/06/2018 16:30 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting Djayadi Hanan mengatakan apa yang terjadi dalam pilkada Jawa Barat bukan hal baru.

Pada pilkada 2013 di provinsi tersebut pasangan Rieke-Teten elektabilitasnya hanya sekitar 11% dan pada hari pemilihan hampir memperoleh 30% suara. Pada tahun yang sama, pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar pun elektabilitasnya berada di bawah Dede Yusuf-Lex Laksamana. Namun hasil pemilihan membuktikan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar mengungguli kedua pasangan lainnya.

“Aher [Ahmad Heryawan] masih kalah dari Dede Yusuf pada dua minggu sebelum pencoblosan. Akhirnya Aher nomor satu,” jelas Djayadi dalam diskusi bertema `Pilkada, Kotak Kosong dan Pilpres` di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (30/6/2018).

Dari hasil hitung cepat berbagai lembaga survei yang mengikuti perolehan suara-suara masing-masing paslon di Pilkada Serentak 2018, menempatkan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum berada di posisi teratas dibandingkan tiga pesaingnya.

Dari hasil hitung lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Ridwan-Uu memperoleh 32,26 persen disusul pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu dengan 29,58. Diurutan ketiga, ada pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi mendapatkan 25,38 persen.(Lka)

Artikel Terkait