Nasional

Pushidrosal akan Lakukan Survei Pemetaan Danau dan Sungai di Indonesia

Oleh : luska - Minggu, 01/07/2018 10:59 WIB

Anjungan utama Pushidrosal. (Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) akan segera melakukan Operasi Survei dan Pemetaan (Opssurta) seluruh danau maupun sungai di Indonesia.

Opssurta ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan gestur serta sifat perairan danau maupun sungai.

Sumber Pushidrosal dan Dewan Hidrografi Indonesia mengatakan oppsurta yang dimulai dari Danau Toba ini akan mengumpulkan data kedalaman (Pulta Batimetri) yang diteliti dari permukaan air hingga dasar danau atau sungai.

Sebelumnya, Pushidrosal telah melakukan opssurta di Sungai Musi, Sumatera Selatan dan selesai tahun 2017 kemarin.

Dalam pelaksanaannya, operasi survey dan pemetaan (Opssurta ) ini bersifat mandiri, dimana opssurta dibiayai sendiri oleh Pushidrosal, dari dana royalti produk peta yang dijual lewat kantor Hidrografi Dunia di Inggris.
.
Banyak pengetahuan yang didapat dari opssurta, diantaranya terpantaunya pasang surut air 24 jam selama 1 tahun, tergambarnya karakteristik permukaan air dan dasar, Oseanografi, meteorologi dan masih banyak lagi.

Setelah hasil opssurta diperoleh nantinya dilanjutkan dengan dibuatnya peta danau yang dilengkapi dengan rambu - rambu nautika atau rambu lalulintas laut (perairan) sehingga keselamatan pelayaran dapat makin terjamin. Karena dengan adanya nautika pengguna transportasi laut akan mengetahui jalur lintas danau yang dapat dilintasi atau tidak. (Lka)

Artikel Terkait