Nasional

Pilkada dan Sindrom Kodok Rebus

Oleh : indonews - Senin, 02/07/2018 20:45 WIB

Anggita DPR RI Fraksi Nasdem Lutfhy M Mutty bersama Pimpred INDONEWS Asri Hadi


Jakarta, INDONEWS.ID - Kodok adalah binatang yang sangat lamban beradaptasi.  Maka, ketika seekor kodok dimasukkan ke dalam panci yang berisi air dingin, lalu panci itu diletakkan di atas tungku yang sedang menyala, sang kodok tetap saja berenang dengan santai.

Dia tidak sadar bahwa secara perlahan air mulai memanas. Dan ketika dia sadar, itu sudah terlambat. Sang kodok mati dalam rendaman air mendidih.
Begitulah yang terjadi di pilkada serentak 27 Juni lalu. Banyak paslon yang terpapar sindrom kodok rebus. 


1. Masih menyangka dengan mudah dapat melakukan manipulasi. Prinsipnya  menang curang lebih baik dari pada kalah terhormat. Mereka tidak menyadari bhw peluang bermain curang sudah semakin sulit. UU Pilkada sudah mengantisipasi sedemikian rupa terjadinya berbagai bentuk kecurangan. 


2. Saat ini era teknologi informasi yang membuat semua serba transparan. Informasi sudah jadi milik publik. Tak ada lagi satu pihak yang memonopoli informasi. Kejadian di suatu tempat dalam sekejap dapat diketahui oleh siapapun di tempat lain tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.


3. Masih banyak yang underestimate terhadap kesadaran politik rakyat. Mereka menyangka rakyat masih mudah diintimidasi dan dibeli. Bahwa masih ada rakyat yang mau diajak jadi pelacur politik, memang iya. Tetapi, banyak juga yang sudah pandai. Ambil uangnya, jangan pilih orangnya.


4. Mengandalkan birokrasi sebagai mesin pemenangan adalah suatu kesia-siaan. Kekalahan beberapa incumbent ataupun paslon yang didukung incumbent membuktikan hal itu. Hanya birokrasi yang sungguh-sungguh tidak percaya pada kemampuan dirinya yang rela menghamba untik jadi tim pemenang. (Penulis Anggota DPR RI Fraksi Nasdem  Lutfhy Mutty)

Artikel Terkait