Nasional

Kasal Pimpin Upacara HUT Kolinlamil ke 57

Oleh : luska - Selasa, 03/07/2018 13:30 WIB

Kasal pimpim upacara HUT Kolinlamil ke 57.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) memimpin upacara peringati hari jadi Kolinlamil ke 57 di Markas Besar Koman di Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara, Selasa (3/7/2018).

HUT Kolinlamil yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2018 ini, diperingati dalam sebuah parade upacara militer, yang dihadiri oleh para mantan Panglima Kolinlamil.

Kasal dalam amanatnya mengatakan bahwa TNI Angkatan Laut berupaya melaksanakan pembangunan kekuatan dan pembinaan kemampuan sesuai dengan program Minimum Essential Force (MEF) yang disesuaikan dengan kebutuhan operasional. dalam renstra TNI Angkatan Laut 2015-2019, maupun 2020-2024 direncanakan pengadaan beberapa unsur Landing Platform Dock (LPD) dan Landing Ship Tank (LST) untuk memperkuat jajaran kolinlamil, serta penghapusan beberapa unsur sesuai prioritas.

“Diharapkan Kolinlamil dapat terus berkiprah secara optimal sebagai pertanggungjawaban kepada bangsa Indonesia” ujar Kasal.

Dalam kesempatan itu, Panglima Kolinlamil Laksamana Muda TNI R. Achmad Rivai, menyampaikan rasa syukur dengan diperingatinya HUT Kolinlamil hari ini. “Peringatan hari ulang tahun ke-57 kolinlamil merupakan ungkapan rasa syukur, serta menjadi momentum introspeksi dan evaluasi untuk meningkatkan kinerja,” tuturnya.

Peringatan HUT Kolinlamil ini dengan Parade Defile para prajurit Kolinlamil, atraksi dari para prajurit Kolinlamil antara lain penampilan para karateka dan Real Fighter binaan Kolinlamil dan Kolintang Jalasenastri Kolinlamil serta Penyerahan Cinderamata untuk para mantan Pangkolinlamil.

Diakhir acara, kolinlamil kembali mengejutkan dengan menampilkan atraksi kebakaran Kapal Perang KRI Banda Aceh.

Dengan sigap para prajurit langsung mengambil peran kebakaran, tim pemadam kebakaran dan ambulance Diskes Kolinlamil segera dengan cepat memadamkan api serta mengevakuasi prajurit KRI yang diindikasikan terkena dampak kebakaran tersebut.

Ternyata itu adalah bagian dari demo atraksi peran kebakaran dari para prajurit Kolinlamil yang seketika usai demo peran kebakaran, langsung keluar miniatur KRI dengan membawa tumpeng sebagai simbol HUT Kolinlamil ke-57. (Lka)

Artikel Terkait