Nasional

Menko Puan Deklarasikan Kebangkitan Lansia

Oleh : hendro - Kamis, 05/07/2018 23:51 WIB

Menko PMK Puan Maharani menyerahkan RUU Perubahan UU No.13 Tahun 1998 secara simbolik kepada Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher

Yogyakarta, INDONEWS - Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 22 Tahun 2018 dipimpin oleh Menko PMK Puan Maharani. Bertepatan dengan peringatan HLUN kali ini, Menko Puan mendeklarasikan Kebangkitan Lanjut Usia (Lansia). 

Dalam sambutannya di Puncak Peringatan HLUN ke 22 Tahun 2018 yang berlangsung di Lapangan Mako Paskhas TNI AU Detasemen Pertahanan Udara 474 Sleman, Yogyakarta, Menko Puan mengatakan, rasa hormat kepada lansia bukan saja sebagai bagian dari budaya bangsa. Tapi lebih dari itu sebagai penghargaan atas pengabdian dan kearifan yang telah mereka berikan kepada keluarga, masyarakat dan bangsa Indonesia.Ditambahkannya, para lanjut usia adalah pelestari nilai-nilai kesetiakawanan sosial. 

"Para lanjut usia adalah pemelihara sekaligus pewaris budaya bangsa kepada dua generasi sesudahnya," katanya lagi.

Karenanya, tambah Menko Puan, para lansia butuh dukungan dari keluarga, lingkungan dan masyarakat sekitar. "Keluarga dan masyarakat harus dapat menciptakan lingkungan yang dapat memahami orang tua/lansia, sehingga membuat mereka nyaman dalam kehidupan sehari-hari," imbuhnya.

Terkait dengan hal tersebut, Menko Puan atas nama pemerintah pun mendeklarasikan Kebangkitan Lansia. Sebagai simbolisasi, dalam kesempatan itu Menko Puan menyerahkan RUU Perubahan UU No.13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia kepada Ketua Komisi VIII DPR RI. 

Pada kesempatan itu pula, Menko Puan sempat memberikan penghargaan kepada para tokoh/ lembaga yang peduli lansia di tanah air. Termasuk memberikan bantuan pemerintah untuk Provinsi DI Yogyakarta senilai Rp 1.166.415.000 dan untuk Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 2.185.000.000. Bantuan tersebut berupa alat bantu lansia, home care lansia, Asistensi Sosial-Lembaga Kesejahteraan Sosial (AS-LKS) Lansia serta Kebutuhan Dasar Lansia. 

Puncak peringatan HLUN ke-22 tahun 2018 ini bertema “Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia”. SertaSdihadiri Menteri Sosial Idrus Marham, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher dan sejumlah kepala daerah serta 5.000 lansia dari wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah dan beberapa wilayah di Indonesia.(hdr)


 

 

Artikel Terkait