Nasional

Puan Maharani Nyaleg, Tapi Tetap Jadi Menteri

Oleh : budisanten - Jum'at, 06/07/2018 17:19 WIB

Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dikabarkan akal menjadi caleg PDIP. (foto : ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengaku tengah mempertimbangkan untuk maju kembali sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2019.

"Masih dipertimbangkan," kata Puan saat dikonfirmasi wartawan di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (6/7/2018).

Bila nanti jadi maju, Puan akan bertarung di daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah (Jateng). Daerah Jateng sendiri diketahui sebagai lumbung suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu, juga menegaskan bahwa jika menjadi caleg dia tidak akan mundur dari jabatannya sebagai Menko Bidang PMK.

Menurutnya, ada  regulasi yang mengatur hal demikian. Kendati begitu, jika menjadi Caleg seorang menteri harus mendapat izin dari Presiden.

"Kan tidak ada aturannya bahwa kemudian harus mundur atau tidak. Namun, tentu saja harus seizin Presiden," ungkap politikus PDIP yang mengaku belum mempersiapkan berkas untuk mendaftar sebagai anggota legislatif. 

Tetapi dia masih mempertimbangkan hal tersebut. "Belum, karena saya sudah dua kali menjadi caleg, sebenarnya ini proses yang sudah pernah saya lakukan. Jadi ya enggak tiba-tiba, gitu," jelasnya.

Seperti diketahui, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi, mengaku mendengar kabar adanya menteri yang akan ikut mencalonkan diri menjadi anggota legislatif dalam Pemilihan Umum 2019. Namun, dia belum bisa memastikan hal tersebut.

"Ya mungkin ada saja. Saya dengar-dengar, tapi belum ada bukti. Ada yang mau jadi DPR, ada yang mau jadi apa, apa saja," kata Sofyan Wanandi di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (4/7/2018) lalu. (ato)

Artikel Terkait