Nasional

Sudirman Said: Ada 6 Isu Kecurangan Pada Pilkada Jateng

Oleh : hendro - Jum'at, 06/07/2018 23:50 WIB

Calon Gubernur Jateng Sudirman Said

Jalarta, INDONEWS.ID - Calon Gubernur Jateng Sudirman Said menyebut ada enam isu kecurangan yang ditemukan pada Pilkada Jateng.

Menurut Sudirman, ke enam kecurangan itu terdiri dari, pertama soal DPT bermasalah yakni ditemukan KTP ganda hingga nama yang tidak jelas. 

"Itu kalau direview, kabupaten kota, potensinya bisa sampai 3,7 juta. Dan tadi pak Prabowo mengatakan hampir sama dengn selisih nomor 1 dan nomor 2," ujar Sudirman usia menghadiri pertemuan di kawasan Kebayoran Baru, Jumat (6/7/2018) malam.

Kedua, Sudirman menilai, minimnya alat peraga kampanye lantaran KPU berulangkali gagal melakukan lelang. Selain itu, dirinya juga melaporkan soal deskriminasi yang dilakukan aparat dalam mengamankan pasangan calon. 

Keempat, kata Sudirman,  perlakuan aparat pengawas maupun keamanan yang  menunjukkan ketidakseimbangan kepada pasangan calon nomor urut dua.

"Kelima tadi soal suara. Dugaan money politic dimana- mana meskipun problematik karena tidak semua yang mengalami mau bersaksi," ujarnya.

Selanjutnya, temuan terakhir terkait dengan upaya yang dilakukan pihak tertentu untuk menggoyahkan saksi dari pasangan Sudirman-Ida Fauziah jelang hari pencoblosan. 

Karena itu, Sudirman menambahkan, atas temuan-temuan ini, tim hukum akan mengkaji syarat-syarat pengajuan sengketa Pilkada sekaligus mengumpulkan bukti guna langkah hukum selanjutnya.(hdr)

"

Artikel Terkait