Internasional

Kapal Pesiar Genting Dream Memulai Kunjungan Perdana ke Bintan

Oleh : hendro - Minggu, 08/07/2018 09:30 WIB

Dubes Ngurah Swajaya bersama rombongan. Saat konferensi pers di kapal pesiar

Singapura, INDONEWS.ID- Sebagai tindak lanjut kesepakatan Kepala Pemerintah RI dan Singapura untuk mengembangkan pariwisata maritim atau Wisata Bahari di Indonesia, kapal pesiar Dream Cruises melakukan kunjungan perdana ke Bintan sebagai paket kunjungan reguler yang akan dilakukan untuk beberapa minggu ke depan. 

Kapal pesiar Genting Dream singgah di Bintan dengan 4.200 penumpang akan mengunjungi berbagai atraksi wisata di beberapa lokasi di Bintan.

Duta Besar RI Ngurah Swajaya, Gubernur Kepri, dan Sahli Kementerian Kemaritiman Indroyono Soesilo yang mengikuti pelayaran perdana ini menyambut tamu-tamu kapal pesiar yang turun ke darat untuk menikmati keindahan alam, budaya dan makanan khas Bintan.

Duta Besar Ngurah Swajaya dalam sambutannya menyampaikan kegembiraannya, atas realisasi konkrit yang dilakukan oleh Genting Dream dalam waktu singkat untuk memanfaatkan potensi wisata bahari di Indonesia dengan menggunakan kapal pesiar mereka. 

Hal ini diapresiasi mengingat kesiapan yg masih terus dikembangkan baik dari prasana fisik dan SDM penunjang untuk kelancaran dan kenyamanan kegiatan wisata kapal pesiar di Indonesia.

Dalam program pengembangan selanjutnya, kata Dubes Ngurah,  dijajaki berbagai tujuan potensial lainnya di Indonesia yang dapat dikunjungi berbagai operator kapal pesiar lainnya, khususnya Dream Cruises.

 Diakui bahwa kunjungan kapal pesiar yang membawa penumpang dalam jumlah ribuan sekali kunjungan perlu diimbangi kesiapan daerah tujuan wisata untuk menyiapkan atraksi dan hiburan yang unik khas daerah serta sarana belanja yang disesuaikan dengan standar internasional, termasuk sarana penunjang lainnya, seperti restoran dan sarana transportasi lokal. 

CEO Dream Cruises Lines pengelola Dream Cruises, Cristal dan Star Cruises, Mr. Tatcher Brown, yang juga mengikuti pelayaran perdana ke Bintan, menjelaskan bahwa kunjungan Genting Dream ke Bali Utara disambut baik oleh para penumpang karena atraksi yg unik dan menarik yang ditawarkan di darat, meskipun sarana penunjang masih belum sempurna. 

Beberapa atraksi unik seperti pasar modern serta restoran yang menyajikan makanan khas. Ke depan, Duta Besar Ngurah Swajaya mengharapkan Genting Dream juga menjajaki tujuan lainnya di Indonesia termasuk Belitung sebagai salah satu dari 10 Bali Baru yang diluncurkan Presiden RI Joko Widodo saat pertemuan retreat dengan PM Lee Hsien Loong. 

Untuk menunjang kunjungan wisata kapal pesiar, perlu dilakukan percepatan kesiapan sarana dan prasarana penunjang dan atraksi unik, seperti pasar modern yang menawarkan berbagai produk termasuk souvenir serta kesiapan SDM dan sarana transportasi lokal. 

Kunjungan kapal pesiar ini diharapkan dapat menunjang pencapaian target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada akhir tahun 2019.

Kapal pesiar Genting Dream membawa 4.200 penumpang dan 1.500 awak kapal, termasuk asal Indonesia. Kunjungan ke Bintan adalah destinasi Dream Cruises ke-4 setelah Surabaya, Bali Utara dan Jakarta. 

Dalam beberapa minggu mendatang, Dream Cruises melakukan 400 kunjungan ke berbagai destinasi Wisata Bahari dan Budaya di Indonesia.(hdr)

Artikel Terkait