Nasional

Kasal Lantik Komandan KRI Albakora-867

Oleh : luska - Senin, 09/07/2018 11:06 WIB

Upacara pelantikan pengukuhan Kapal serta Komandan KRI Albakora-867.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengukuhkan Kapal Patroli berjenis PC-40 KRI Albakora-867 bertempal di Dermaga Batavia Sunda Kelapa Marina, Jakarta Utara, Senin (9/7/2018).

Dalam kesempatan yang sama Kasal juga melantik Komandan KRI AIbakora-867 Mayor Laut (P) Sony Sartantyo, yang merupakan Iulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) ke-51 tahun 2005.

Sebelumnya Sony Sutanto menjabat Palaksa KRI Ajak-653 Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada III.

Alutsista baru milik TNI AL ini merupakan salah satu kapal perang karya anak bangsa yang dlproduksi oleh PT Caputra Mitra Sejati Banten.

Kapal patroli cepat PC-40 ini memiliki spesifikasi panjang 45,5 meter, Iebar 7,9 meter. bobot 220 ton, dengan kecepatan maksimal 256 knot, kecepatan jelalah 18 knot. dan kecepatan ekonomis 15 knot Dengan jumlah ABK sebanyak 36 personel, kapal ini juga dilengkapi dengan dua Unit radar(JRC JMR-9225-6XN dan JRC JMA-9122-6XA). Selain itu, kapal ini memiliki ketahanan (endurance) dalam kemampuan Iayar selama enam hari.

Pemberian nama Albakora, diambil dari nama sejenis Ikan Tuna Putih yang memiliki karakteristik kecepatan dan ketahanan dalam berenang, yang tentunya memberi makna mendalam sesuaí dengan fungsi asasnya sebagai kapal patroli yang mampu berrnanuver secara cepat, Rencananya KRI Albakora-867 akan memperkuat Satuan Patroli Komando Armada II.

Keberhasilan membangun kapal PC-40 ini, merupakan wujud peran TNI Angkatan Laut dalam memberdayakan kemampuan industri dalam negeri guna mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri. Keberhasilan ini juga merupakan salah satu solusi kongkrit bagi Komlte Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) dalam mengurangi ketergantungan dari negara Iain terkait dengan pengadaan alutsista TNI Angkatan Laut di masa mendatang. (Lka)

Artikel Terkait