Politik

Nasdem Larang Menterinya Nyaleg Di Pileg 2019

Oleh : budisanten - Senin, 09/07/2018 21:54 WIB

Ketua Umum Partai Nasdem melarang para menterinya di jajaran Kabinet Kerja Jokowi untuk mendaftarkan diri sebagai caleg pada pemilu legislatif 2019. (foto:dok)

Jakarta, INDONEWS.ID - Partai Nasdem melarang menterinya di jajaran Kabinet Kerja Jokowi untuk mendaftarkan diri sebagai caleg pada pemilu legislatif 2019. Nasdem membuat larangan itu agar para menteri dapat menuntaskan dan konsentrasi dengan pengabdiannya.

Hal itu diungkapkan oleh Ketum Partai Nasdem Surya Paloh. "Nasdem membuat larangan itu agar para menteri dapat fokus dan menuntaskan pengabdiannya. Supaya tuntas  pengabdiannya," kata Paloh di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018)

Namun dia menegaskan bawah Nasdem menghormati keputusan menteri dari partai lainnya, jika ingin ikut berkontestasi pada Pileg 2019 nanti.

"Kita menghormati kalau ada menteri-menteri dari partai lain nyaleg. Nasdem sangat menghormati itu," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengaku tidak berniat untuk mencalonkan diri sebagai calon legislatif  pada 2019 mendatang.

Enggar yang juga politisi partai Nasdem diamanahkan agar fokus untuk menjalankan tugas sebagai menteri.

Tidak hanya Enggartiasto Lukita yang diberikan amanah dari partai agar tetap fokus bekerja. Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) Siti Nurbaya Bakar juga diberikan amanah agar tidak nyaleg pada 2019 nanti.

Sebelumnya, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofyan Wanandi, mengabarkan ada sejumlah menteri di Kabinet Kerja Jokowi berencana mengundurkan diri karena ingin menjadi calon anggota legislatif (Caleg) pada Pemilu 2019 mendatang.

"Ada yang mau jadi DPR, ada yang mau jadi apa, ada aja. Yang merasa mungkin tidak akan terpilih lagi, jadi dia mau maju. Ya mungkin aja ada, saya dengar-dengar tapi belum ada bukti," ujar Sofyan di Kantor Wakil Presiden pada pekan lalu. (ato)

Artikel Terkait