Nasional

BARA UI : Memahami Semarak Radikalisme di Kampus Kampus

Oleh : luska - Selasa, 10/07/2018 11:24 WIB

BARA UI gelar seminar diskusi soal radikalisme di kampus kampus. (Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Berawal dari keprihatinannya dengan maraknya paham radikalisme yang telah merangkul generasi muda terutama dalam perguruan tinggi, Forum Bela Negara Alumni Universitas Indonesia (Bara UI) menggelar forum diskusi yang bertemakan `Memahami Semarak Radikalisme di Kampus-Kampus PTN dan Dampaknya Bagi Masa Depan NKRI`, Selasa (10/2018).

Diskusi yang digelar di Gedung Graha CIMB Niaga Lantai 2, Jakarta Selatan ini bertujuan untuk mengingatkan dan memanggil para generasi muda untuk lebih memahami arti dari radikalisme.

Dipaparkan dalam seminar ini bahwa ditengah mulai bermunculan berbagai kelompok sejenis, ini menjadi perhatian khusus dan menjadi fokus para pendidik untuk mengingatkan kaum generasi muda.

" Kita semakin terbelalak melihat betapa metastase jaringan kanker radikalisme sudah semakin semarak melilit organ organ tubuh negeri ini," jelas Ketua Umum Bara UI DR.Iriani Sophiaan MSI saat memberikan sambutan.

Dikatakan Dosen UI ini mereka (penganut paham radikalisme) yang tadinya bersembunyi dalam kesenyapan, kini sudah mulai terang terangan muncul ke permukaan ditengah tengah masyarakat luas

Bahkan,lanjutnya, mereka yang mempunyai paham radikalisme ini sudah sangat kuat menguasai panggung politik dan menunggangi pendukung pendukung yang sebetulnya tak paham makna sesungguhnya dari gerakan para politisi radikal tersebut.

" Kondisi ini sudah dapat dikategorikan sebagai darurat radikalisme bahkan sempat disebut srbagai darurat terorisme dengan tahapan lanjut dari radikalisme. Karena telah sempat memapari para generasi muda," imbuh Iriani.

Diharapkan dengan diskusi ini akan memberikan masukan pengetahuan kepada generasi muda untuk tetap setia kepada Pancasila dan NKRI.

Dalam diskusi ini dihadiri Prof.DR Azyumardi Azra dan Sydney Jones M.A sebagai pembicara dan juga dihadiri oleh para Alumni UI. (Lka)

Artikel Terkait