Nasional

Menko Puan Ajak Mahasiswa Dukung Program Pemerintah

Oleh : hendro - Selasa, 10/07/2018 14:02 WIB

Menko Puan bersama civitas IPB di Bogor

Bogor, INDONEWS.ID - Sebanyak 2.211 orang mahasiswa IPB yang akan melaksanakan KKN-Tematik di 31 Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia dilepas oleh Menko PMK Puan Maharani di Graha Widya Wisuda Institut Pertanian Bogor (IPB).

Menko Puan berharap para mahasiswa peserta KKN-Tematik dapat mendukung program pemerintah dalam pembangunan manusia dan kebudayaan di lokasi KKN masing-masing.

Kepada para mahasiswa peserta KKN Tematik IPB, Menko Puan menjelaskan, selama 3 tahun terakhir, indikator di bidang pembangunan manusia dan kebudayaan, menunjukkan kemajuan yang sangat baik.

Angka kemiskinan menurun dari 10,96% pada tahun 2014, menjadi 10,12% pada tahun 2017, Gini Rasio menurun dari 0,41 pada tahun 2014, menjadi 0,39 pada tahun 2017, serta IPM meningkat dari 68,9 pada tahun 2014, menjadi 70,7 pada tahun 2017. 

Meski begitu masih terdapat persoalan yang masih harus diatasi yakni stunting. Terkait dengan hal ini, kata Menko Puan, Pemerintah telah melakukan intervensi untuk penurunan stunting di 100 kabupaten/ kota dan 1000 desa.

"Tahun depan Insha Allah akan menjangkau 160 kabupaten/kota dengan jumlah desa lebih banyak," ujar Menko Puan.

Lebih lanjut Menko Puan mengatakan, bahwa kegiatan KKN sangatlah penting. KKN merupakan ajang bagi mahasiswa untuk menempa diri menjadi calon pemimpin masa depan, melatih kerjasama, komunikasi serta mengimplementasikan gagasan dan ilmu yang telah dipelajari.

“Mahasiwa dapat mengambil peran sesuai bidangnya dan melakukan pengabdian masyarakat, sesuai salah satu Tridharma perguruan tinggi," ucapnya. 

Pada kesempatan itu pula, Menko Puan berpesan agar para mahasiswa peserta KKN Tematik dapat menjaga sikap dan santun saat berinteraksi dengan masyarakat.

"Jagalah nama baik almamater. Buktikan bahwa IPB selalu mencari dan memberikan yang terbaik," katanya.

Selain itu, Menko Puan juga menekankan pentingnya menerapkan gotong royong juga persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat. (Hdr)

Artikel Terkait