Internasional

Kibarkan Merah Putih Keliling Kota Roma

Oleh : hendro - Rabu, 11/07/2018 06:55 WIB

Duta Besar Esti Andayani bersama rombongan tur keliling Roma saat berpose di depan Wisma Indonesia.

Roma, INDONEWS.ID - Di tengah pagi musim panas yang cukup terik, Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, beserta jajaran KBRI Roma melaksanakan fun ride keliling kota Roma, Sabtu (7/7/2018) lalu.

Bersama pengendara “sepeda motor merah putih” yang tengah melaksanakan perjalanan Jakarta-London, Stephen Langitan, rombongan menelusuri jalan-jalan utama Kota Abadi dengan skuter berwarna merah dan putih berhiaskan bendera merah putih.

Kibaran bendera merah putih, pakaian bernuansa Indonesia serta semarak barisan skuter berwarna merah dan putih sukses menarik perhatian turis yang memadati objek-objek wisata di Roma.

Beberapa diantaranya pun menyerukan “Indonesia!” ketika rombongan melintas. Konvoi berhenti sejenak mengabadikan momen istimewa ini saat tiba di Colosseum, Circo Massimo, Piazza Venezia, Piazza Navona, Vatikan hingga Wisma Indonesia Roma.

Tur keliling kota Roma ini diinisiasi KBRI Roma guna mendukung perjalanan Stephen Langitan yang bersemboyan “Kibarkan Merah Putih” tersebut.

Duta Besar Esti Andayani menjelaskan, bahwa skuter khas Italia dipilih menjadi kendaraan pendamping sepeda motor merah putih yang dikendarai Langitan dari Jakarta, sebagai simbol persaudaraan dan kerja sama Indonesia-Italia.

Stephen Langitan memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya, perjalanan antarbenua yang dilaksanakannya guna mempererat persaudaraan antarbangsa dapat semakin terwujud nyata dengan tur “Kibarkan Merah Putih Keliling Roma” ini.

Tiba di Roma pada Jumat 6 Juli 2018 malam hari, setelah sebelumnya singgah di Athena, Langitan disambut hangat Duta Besar dan jajarannya serta pelajar Indonesia di KBRI Roma.

Kesempatan tersebut juga dijadikan ajang berbagi tips menjaga keselamatan dan ketahanan fisik dalam berkendara. Dirinya juga menekankan pentingnya surat-surat kelengkapan berkendara disiapkan dalam perjalanan.

Sementara itu, Mantan Kanit Turjawali Satlantas Polres Padang Pariaman, Ipda Friska Nufrida, yang saat ini bertugas sebagai sekretaris pribadi Duta Besar Esti Andayani, mengharapkan tips keselamatan berkendara Langitan dapat dijadikan contoh bagi para pengendara motor.

Perwira lulusan Akademi Kepolisian tahun 2015 tersebut juga ikut menjadi pengendara Vespa bermesin 300cc lengkap dengan seragam kepolisian Indonesia, membawa Duta Besar Esti Andayani dalam rombongan tur keliling Roma.

Setelah dari Roma, Langitan dengan sepeda motor jenis penjelajah (Kawasaki Versys-X 250) akan melanjutkan perjalanan keliling Eropa menuju London, dan dijadwalkan tiba tepat pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2018.

Rute Jakarta-London yang ditempuh Langitan berjarak sekitar 30.000 km. Saat tiba di Roma, Langitan telah menempuh lebih dari 20.000 km. Perjalanan panjang penuh dinamika ini, antara lain melewati gurun pasir dan wilayah rawan kriminalitas, merupakan salah satu bentuk pengenalan Indonesia pada masyarakat dunia.(hdr)

Artikel Terkait