Nasional

GMKI Gelar Konsultasi Nasional pada 12-16 Juli di Bitung

Oleh : very - Rabu, 11/07/2018 15:01 WIB

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia akan melaksanakan Konsultasi Nasional di Bitung, Sulawesi Utara pada tanggal 12 - 16 Juli, 2018. Kegiatan ini merupakan wadah pertemuan Badan Pengurus Cabang GMKI se-Indonesia yang bertujuan untuk membahas perkembangan organisasi dan isu-isu strategis yang akan direkomendasikan untuk dibahas dalam Kongres GMKI yang dilaksanakan di Jakarta pada September 2018. Foto: Ist

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia akan melaksanakan Konsultasi Nasional di Bitung,  Sulawesi Utara pada tanggal 12 - 16 Juli, 2018. Kegiatan ini merupakan wadah pertemuan Badan Pengurus Cabang GMKI se-Indonesia yang bertujuan untuk membahas perkembangan organisasi dan isu-isu strategis yang akan direkomendasikan untuk dibahas dalam Kongres GMKI yang dilaksanakan di Jakarta pada September 2018.

Konsultasi Nasional tahun ini akan fokus membahas beberapa isu, antara lain terkait Rencana Strategis Organisasi Mahasiswa Menuju Indonesia Emas 2045 yang saat ini sedang disusun oleh GMKI; pembangunan infrastruktur, perikanan, dan pelayaran yang berkeadilan; peran gereja dalam menyikapi kasus korupsi, narkoba dan kekerasan terhadap perempuan; persoalan radikalisme di dalam kampus; serta Pilkada 2018 yang masih menggunakan politik uang dan politik SARA dan menjadi momok yang memecah-belah bangsa Indonesia.

Dalam konsultasi akan dibahas mengenai bagaimana organisasi mahasiswa dapat menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang merupakan tantangan dalam mewujudkan pergerakan nasional dan oikumene di tengah-tengah bangsa Indonesia.

Maraknya kasus korupsi yang dilakukan hampir seluruh stakeholder pemerintahan baik pusat dan daerah juga akan menjadi pembahasan hangat di dalam Konas ini. GMKI akan merumuskan dan merekomendasikan bagaimana peranan gereja untuk dapat menghilangkan perilaku koruptif di dalam kehidupan jemaat.

Selain itu, perikanan dan pelayaran juga menjadi persoalan serius yang akan dibahas karena  Indonesia adalah negara bahari dan pemerintah saat ini memiliki visi menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Persoalan tenggelamnya kapal di perairan Indonesia, baik sungai, danau, dan laut juga menjadi pembahasan serius. GMKI menilai tenggelamnya kapal di beberapa daerah bukan hanya sebatas kelalaian, merupakan kesalahan sistem pengelolaan dan pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah. Oleh karena itu perlu adanya langkah-langkah strategis untuk memberikan masukan dalam mengubah regulasi mengenai sistem pelayaran di perairan Indonesia. 

Hasil dari Konsultasi Nasional GMKI di Bitung, Sulawesi Utara diharapkan akan menjadi acuan bagi arah gerak GMKI ke depannya. (Very)

 

Artikel Terkait