Olah Raga

Daftar Jumlah dan Distribusi Gelaran Piala Dunia 2018

Oleh : luska - Senin, 16/07/2018 13:37 WIB

Pemain Perancis, Olivier Giroud (tengah) dan Antoine Griezmann (kanan) ketika merayakan gol kemenangan. Perancis diprediksi akan menjadi juara pada Piala Dunia 2018 Rusia. (foto:foxsport)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ajang sepakbola akbar Piala Dunia 2018 telah berakhir. Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018 setelah menaklukkan Kroasia dengan skor akhir 4-2.

Pada Piala Dunia 2018 ini, jumlah uang hadiah yang disiapkan FIFA meningkat 40 persen ketimbang edisi sebelumnya di Brasil.

Total 791 juta dollar Amerika Serikat uang hadiah yang disiapkan. Dana yang jumlahnya setara dengan Rp11 triliun itu diberikan kepada 32 negara kontestan, keuntungan bagi klub yang pemainnya tampil di Rusia hingga biaya asuransi kepada klub yang pemainnya cedera selama turnamen.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 400 juta dollar AS atau sekitar Rp5,6 triliun khusus diberikan kepada para kontestan berdasarkan capaian mereka di Rusia. Di awal turnamen, 32 negara peserta masing-masing mendapat 1,5 juta dollar AS (Rp21 miliar).

Prancis sebagai juara berhak atas hadiah sebesar 38 juta dollar AS atau setara dengan Rp500 miliar.

Sedangkan Kroasia tak perlu terlalu bersedih setelah kalah di final. Sebab Luka Modric dkk membawa pulang uang tunai 28 juta dollar AS atau setara dengan Rp392 miliar.

Sementara Belgia yang finis ketiga mengantongi hadiah uang 324 juta miliar dan tim peringkat empat, dalam hal ini Inggris, membawa pulang hadiah 297 miliar.

Tim yang tersingkir di fase penyisihan grup (16 negara) masing-masing mendapat ‘dana mudik’ sebesar 8 juta dollar AS. Adapun delapan tim yang gugur di babak 16 besar, masing-masing membawa pulang hadiah tambahan sebesar 12 juta dollar.

Empat tim yang tersingkir di babak perempat final mengantongi hadiah 16 juta dollar.

Selain itu sejumlah nama masuk dalam sejumlah kategori distribusi gelar :

Golden Ball (Pemain Terbaik): Luka Modric (Kroasia)

Silver Ball: Eden Hazard (Belgia)

Bronze Ball: Antoine Griezmann (Perancis)

Best Young Player (Pemain Muda Terbaik): Kylian Mbappe (Perancis)

Golden Boot (Sepatu Emas): Harry Kane (Inggris; 6 gol)

Silver Boot: Antoine Griezmann (Perancis; 4 gol, 2 assist)

Bronze Boot: Romelu Lukaku (Belgia; 4 gol, 1 assist)

Golden Glove (Kiper Terbaik): Thibaut Courtois (Belgia)

(Lka)

Artikel Terkait