Nasional

BNN Gandeng BPPT Dalam Pemberantasan Narkoba di Tanah Air

Oleh : hendro - Selasa, 17/07/2018 17:05 WIB

Kepala BNN Komjen Heru Winarko didampingi Kepala BPPT Unggul Priyono dalam memberikan keterangan kepada pers

Jakarta, INDONEWS.ID - Untuk menunjang kinerja pemberantasan narkoba di tanah air,  Badan Narkotika Nasional (BNN) menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi(BPPT).

Menurut Kepala BNN Heru Winarko, pihaknya ingin memaksimalkan penggunaan teknologi dalam pemberantasan narkoba. Salah satunya penggunaan drone atau pesawat nirawak dalam memantau operasi pemberantasan narkoba melalui kerja sama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).

"Khusus untuk pemberantasan, kami dengan Kepala BPPT bekerja sama penggunaan drone untuk melacak operasional kita di lapangan, khususnya untuk pemberantasan," kata Heru di auditorium BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).

Menurut Heru, sebenarnya teknologi semacam itu sudah dimiliki BNN. Namun dengan kerja sama BPPT, Heru yakin kemampuan BNN akan lebih mumpuni.

"Ya selama ini kan kita hanya pakai manual atau yang lainnya ya. Alat-alat yang ada, kita juga ada drone tapi mungkin teknologinya yang belum begitu canggih yang ada di sini (BPPT)," kata Heru.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala BPPT Unggul Priyono mengatakan, dengan adanya kerjasama ini pihaknya dapat memberikan rekomendasi teknologi yang diperlukan. Khususnya dalam peran serta membantu program pemerintah dalam memerangi kejahatan narkoba. 

" Dengan adanya teknologi yang dibuat dalam drone  buatan BPPT ini maka lokasi ladang ganja yang tidak bisa dijangkau, bisa dilihat dengan jelas lokasinya," ujar Unggul.(hdr)

Artikel Terkait