Nasional

Diperiksa KPK, Dirut PLN Mengaku Kerap Bertemu Idrus Marham dan Eni Saragih

Oleh : luska - Jum'at, 20/07/2018 22:11 WIB

Dirut PLN Sofyan Basir usai diperiksa KPK.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir mengaku kerap bertemu dengan Mensos Idrus Marham di DPR saat Idrus masih menjadi anggota DPR dan dilapangan saat bermain Golf, selain bertemu dengan Idrus, Dirut PLN yang menjabat tahun 2014 ini juga bertemu dengan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Saragih.

" Iyalah bertemu (Idrus Marham-red) di DPR," kata Sofyan Basir usai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, Jumat (20/7/2018).

Sofyan Basri diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap PLTU Riau-1, untuk tersangka Johanes B Kotjo pemilik Blackgold Natural Resources Limited.

Sofyan juga mengatakan kalau dirinya mengenal Johannes B Kotjo, namun demikian menurut Sofyan dirinya tidak mengetahui adanya kesepakatan fee komitmen antara penyelenggara negara dengan pihak swasta terkait proyek PLTU Riau

"Saya enggak tahu, itu soal fee, " imbuhnya.

Yang jelas, lanjut Sofyan, enyidik meminta penjelasan ihwal kebijakan-kebijakan yang ambil oleh Dirut PLN dan soal tugas pokok dan fungsi dirinya sebagai Dirut PLN.

Dalam kesempatan yang sama , Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, Sofyan Basir diperiksa untuk menggali keterangan terkait peran PLN dalam skema kerja sama dengan proyek PLTU. Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Johannes Budisutrisno Kotjo pemilik saham Apac Group.

Nama Soyfan mencuat dalam kasus suap yang melibatkan wakil komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Eni Saragih yang telah ditetapkan sebagai tersangka, saat penyidik KPK melakukan penggeledahan di rumah dan kantornya pada pekan lalu.

Ditambahkan Febri, pemeriksaan Sofyan Basir juga berkaitan dengan penggeledahan tersebut. Saat itu KPK menyita sejumlah catatan dan dokumen yang berkaitan dengan proyek PLTU Riau I. Selain itu, penyidik juga menyita CCTV baik di rumah dan kantor Sofyan. (Lka)

Artikel Terkait