Bisnis

Kembangkan Transportasi Kereta Api, Pemerintah Akan Gandeng Swasta

Oleh : hendro - Sabtu, 21/07/2018 15:36 WIB

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi

Jakarta, INDONEWS.ID - Untuk  mengembangkan transportasi kereta api sebagai angkutan massal yang sangat dibutuhkan di Indonesia, pemerintah berencana menggandeng pihak swasta.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, sejumlah perbankan nasional dan asing banyak yang berminat untuk mendanai sektor itu. Hal ini menunjukkan bahwa transportasi kereta api sangat menguntungkan.

"Untuk jangka panjang kereta api akan menjadi angkutan massal yang memadai untuk bisa mengurangi kepadatan arus lalu lintas di jalan raya," kata Budi Karya di Jakarta, Sabtu (21/7/2018).

Budi mengaku, pembangunan infrastruktur transportasi kereta api memang membutuhkan biaya yang sangat besar dan banyak menyedot APBN, karena itu perlu dicarikan solusinya.

Lebih lanjut Menhub menegaskan, sekalipun melibatkan swasta asing, pemerintah tetap berkeinginan menggunakan kandungan lokal untuk kereta api. 

"Selain itu, pemerintah juga ingin melibatkan banyak tenaga kerja lokal sehingga banyak penduduk Indonesia yang dapat bekerja nantinya,"tutup Budi.(hdr)

Artikel Terkait