Nasional

Inneke Koesherawati Diduga Mengetahui Info Suap Fasilitas di Lapas Sukamiskin

Oleh : luska - Minggu, 22/07/2018 14:38 WIB

Inneke saat usai diperiksa.(Foto : Jawa Pos)

Jakarta, INDONEWS.ID - Wakil Ketua KPK Laode M Syarief menjelaskan alasan ditahannya Inneke Koesherawati istri dari narapidana korupsi Fahmi Darmawansyah lantaran diduga mengetahui adanya info suap fasilitas mewah di Lapas Sukamiskin.

"Penyidik mencurigai IK (Inneke Koesherawati) tahu sebagain info yang ada di sini, maka dia minta keterangan," kata Laode M Syarif saat dikonfirmasi.

Dalam kasus ini artis era 85 - an ini diamankan bersama suamiya, Fahmi Darmawansyah terkait kasus suap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen. Fahmi diduga telah memberikan suap sejumlah uang untuk mendapatkan fasilitas yang bagus atau mewah untuk ruang sel tahanannya, selain itu Fahmi juga ingin mendapatkan kemudahan keluar-masuk tahanan.

Selain mengamankan Kalapas Sukamiskin, KPK juga menetapkan staf Wahid Husen, Hendry Saputra.

Sedangkan tersangka pemberi suap adalah suami Inneke, Fahmi Darmawansyah, napi korupsi, dan Andi Rahmat, narapidana kasus pidana umum/tahanan pendamping Fahmi.

Tim penyidik KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Lapas Sukamiskin, Bandung. Dalam OTT tersebut KPK mendapati Kalapas Sukamiskin Wahid Husen sedang menerima suap dari Fahmi Darmawansyah suami Inneke koesherawati untuk mendapatkan fasilitas sel tahanan yang mewah termasuk fasilitas kemudahan keluar masuk lapas, Sabtu (21/7/2018)

Saat memberikan suap tersebut Fahmi yang merupakan napi korupsi dan suap ini, didampingi oleh Andi Rahmat, narapidana kasus pidana umum/tahanan. Sedanglan Kalapas Wahid Hasyim saat itu didampingi oleh stafnya yaitu Hendry Saputra.

Dari OTT tersebut, KPK berhasil mendapatkan barang bukti berupa uang total Rp 279.920.000 dan USD 1.410, dua mobil yaitu Mistubishi Triton Exceed berwarna hitam dan Mitsubishi Pajero Sport Dakkar berwarna hitam yang diduga mobil hasil suap saat itu,dokumen terkait pembelian dan pengiriman mobil. (Lka)

 

Artikel Terkait