Nasional

BMKG: Tanggal 24-25 Juli, Waspada Gelombang Paling Tinggi

Oleh : hendro - Minggu, 22/07/2018 20:57 WIB

Ilustrasi gelombang tinggi (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memastikan mulai hari ini (22/7) hingga 28 Juli akan terjadi gelombang tinggi di beberapa daerah. Gelombang tinggi bervariasi mulai dari 1,25 meter sampai enam meter.

"Yang paling berbahaya itu pada 24-25 Juli 2018 sangat berbahaya mencapai empat sampai enam meter," kata Dwikorita di Jakarta, Minggu (22/7/2018).

Dwikorita menjelaskan, untuk gelombang yang paling tinggi tersebut statusnya sangat berbahaya. Perkirannya, akan terjadi di perairan Sabang, perairan utara dan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai.

Selain itu,  gelombang paling tinggi yang diperkirakan terjadi pada 24-25 Juli 2018 itu juga akan terjadi di perairan barat Bengkulu hingga Lampung. 

"Ini juga berpeluang terjadi di Samudra Hindia barat Sumatra, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali, Selat Lombok, hingga selat Alas bagian selatan, dan Samudra Hindia selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat," ungkap Dwikorita.

Untuk itu, Dwikorita meminta masyarakat di sekitar daerah tersebut waspada terhadap potensi kecelakaan laut akibat gelombang tinggi.(hdr)

Artikel Terkait