Politik

Pramono Anung : Masalah Itu Ada Pada SBY

Oleh : budisanten - Rabu, 25/07/2018 20:50 WIB

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung menyebutkan kegagalan Partai Demokrat bergabung dengan partai koalisi pendukung Jokowi ada pada diri Susilo Bambang Yudhoyono sendiri. (foto:dok)

Jakarta, INDONEWS.ID – Pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, yang menyebutkankan sulit bergabung dengan koalisi parpol pendukung Joko Widodo atau Jokowi ternyata menimbulkan persoalan tersediri.

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, mengakui sudah ada komunikasi antara Presiden Joko Widodo dengan SBY untuk penjajakan koalisi di Pilpres 2019. Penjajakan koalisi itu dilakukan langsung oleh Jokowi.

"Saya kira masalah itu ada pada figur Pak SBY. Artinya, mungkin rintangannya ada di dalam Pak SBY sendiri. Saya enggak tahu apa yang terjadi dengan beliau. Tapi mungkin barrier-nya ada pada beliau," kata Pramono kepada wartawan di kantornya, Rabu (25/7/2018).

Pramono Anung juga tidak setuju jika PDIP yang dijadikan alasan kegagalan SBY untuk bergabung dengan partai koalisi pendukung Jokowi pada Pilpres 2019.  Selama ini PDIP cukup terbuka, termasuk kepada putra SBY, Agus Harimurti Yudhyono atau AHY.

Sebelumnya, usai bertemu dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, SBY mengaku berkoalisi dengan Presiden Joko Widodo hampir tak mungkin terjadi. Kendala itu diakui banyak, namun dia belum bisa bicara secara gamblang.

Dalam kesempatan tersebut, SBY mengisyaratkan terbuka lebar untuk membangun koalisi dengan Partai Gerindra besutan Prabowo.

Kemudian, dia siap menjalin komunikasi dengan Partai Amanat Nasional dan Partai Keadilan Sejahtera. (ato)

Artikel Terkait