Prukades Harus Sasar Anak Muda

Oleh : indonews - Sabtu, 28/07/2018 10:03 WIB

Dyah Rini Kartika Djoemadi, saat menjadi salah satu pembicara FGD Prukades, Kemendesa PDTT, di Kampar Riau,

Kampar, INDONEWS.Id – Pemasaran produk unggulan kawasan perdesan (Prukades) harus mampu menyasar banyak kalangan. Tidak hanya kalangan menengah ke atas, sudah saat produk prukades harus menyasar kalangan generasi muda. Untuk dibutuhkan pendekatan khas anak muda yang berbasis internet.

Saat ini kalangan milineal menjadi salah kelompok berpengaruh dalam penentuan berbagai tren di tanah air. Mulai dari gaya hidup, pilihan politik, hingga kehidupan sosial. Kondisi harus benar-benar dipahami oleh para pelaku prukades, agar produk mereka bisa diterima banyak kalangan.

“Anak-anak muda yang gadget minded saat ini terbukti banyak memberikan pengaruh bagi kehidupan sosial di Indonesia. Munculnya berbagai aplikasi layanan online yang banyak digawangi anak muda menjadi bukti nyata betapa berpengaruhnya para generasi milenial dalam berbagai lini kehidupan publik,” ujar Dyah Rini Kartika Djoemadi, saat menjadi salah satu pembicara FGD Prukades, Kemendesa PDTT, di Kampar Riau, Jumat (27/7/2018) kemarin.

Dia menjelaskan pelaku prukades harus mampu
memanfaatkan pesatnya perkembangan teknologi informasi yang terjadi di tanah air. Masifnya  penggunaan media sosial di tanah air misalnya
harus mampu dimanfaatkan sebagai media untuk
memasarkan berbagai produk unggulan desa. Apalagi  saat ini pemasaran berbasis e-commerce kian menjadi gaya hidup di Indonesia.

“Sudah saatnya para pelaku prukades memahami
bagaimana cara memasarkan produk mereka melalui berbagai akun media sosial yang mereka punya. Cara pemasaran melalui akun media sosial selain murah juga bisa menjangkau banyak kalangan karena mayoritas masyarakat di Indonesia telah mempunyai berbagai akun media sosial,” katanya.

Perempuan yang akrab disapa Dhedhe ini
mengatakan, selain menggunakan media sosial, para pelaku prukades juga harus membentuk jaringan pemasaran baik melalui komunitas, organisasi, hingga kelompok-kelompok kepentingan lainnya. Jejaring ini akan membantu para pelaku prukades tidak  hanya dalam memasarkan produk, tetapi juga dalam  mencari solusi atas berbagai kendala yang mungkin menghambat pengembangan usaha mereka.
 

Artikel Terkait