Bisnis

Mulai Agustus, Air Asia Terbang 4 Kali Seminggu ke Silangit

Oleh : hendro - Sabtu, 28/07/2018 21:55 WIB

Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan menjadi pembicara kunci dalam seminar mengenai pemanfaatan tanah ulayat (tanah masyarakat hukum adat) untuk kesejahteraan warga sekitar kawasan Danau Toba, di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa),

Tobasa, INDONEWS.Iad - Mengenai dampak pesatnya pembangunan Bandara Silangit, Menko Kemaritiman Luhut  B Pandjaitan mengatakan, bahwa Air Asia akan membuka rute penerbangan langsung dari Kuala Lumpur ke Silangit. 

“Nanti tanggal 17 Agustus, tadi saya baru di _text_ (sms) sama Tony Fernandes CEO Air Asia, mereka akan terbang dari Kuala Lumpur ke Silangit 4 kali seminggu,” kata Menko Luhut kepada masyarakat dari tujuh kabupaten di wilayah Sumatera Utara, Sabtu(28/7/2018).

 Hal yang juga akan dilakukan penerbangan Malindo Air. Mulai tanggal 17 Agustus 2018, Malindo Air (grup Lion Air) membuka penerbangan 4 x seminggu dengan rute Subang [Malaysia] – Silangit dan sebaliknya. 

Untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur pariwisata, Menko mengatakan landasan lapangan terbang Silangit akan diperpanjang.

 “Itu akan sampai 3000 meter. Tanahnya lagi kita proses. Sekarang sudah bisa mendarat Boeing 737-800 kalau Airbus 320,” ungkap dia.

 Intensifnya pembangunan ini menurut Menko Luhut memberikan dampak signifikan pada penambahan jumlah penumpang. “Tahun 2014 atau hampir tahun 2015 turis yang datang kemari atau orang yang naik pesawat kemari jumlahnya 23 ribu sekian. Tapi tahun 2017 yang datang naik hingga 276 ribu pengunjung,” tutupnya. (Hdr)
 

Artikel Terkait