Nasional

Sanksi Ganjil Genap, Ribuan Pengendara Protes

Oleh : luska - Kamis, 02/08/2018 13:01 WIB

Pemeriksaan ganjil genap.(Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Penerapan sanksi tilang pelanggar kebijakan ganjil genap banyak menggaruk ribuan kendaraan pelanggar kebijakan tersebut. Berdasarkan data dari kepolisian, sejak hari pertama kemarin Rabu malam, petugas telah menciduk ribuan kendaraan terkena sanki.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, total jumlah pelanggar sistem ganjil genap mencapai ribuan di hari pertama. Hingga Rabu pukul 18.00, sudah mencapai 1.102 pengendara yang melanggar sistem tersebut.

Di lokasi terpisah Kepala Dinas Perhubungan DKI Andri Yansyah mengatakan, pihaknya akan terus melakukan eveluasi kebijakan yang bertujuan memperlancar jalannya Asian Games.

"Kita akan terus lakukan evalusi, terus tiap hari," kata Andri saat dihubungi, Kamis (2/8/2018).

Menurut Andri, warga yang protes karena belum terbiasa dengan adanya penindakan. Ia meyakini dalam beberapa hari pengendara akan mulai terbiasa.
Rata-rata pengendara berdalih kalau belum mengetahui informasi aturan ganjil genap tersebut. Bahkan petugas sering menemukan plat mobil ganda.

Pemprov DKI, lanjut Andri sudah menyiapkan solusi untuk masalah itu, yakni penyediaan transportasi umum yang layak.

"Kita Menambah kekuatan anggota, baik di ruas ganjil genap maupun di jalan alternatif. Kemudian meningkatan kualitas angkutan umum, baik di ruas ganjil genap maupun di jalan alternatif," ujarnya.

Dengan adanya peningkatan kualitas kendaraan umum, Andri berharap warga mau berpindah moda transportasi dan juga mengurangi kemacetan Ibukota dan menghundari sanksi ganjil-genap. (Lka)

Artikel Terkait