Nasional

Badan Nasional Pengelola Perbatasan Gelar Sosialisasi dan Pengembangan SDM Perbatasan

Oleh : hendro - Jum'at, 03/08/2018 08:11 WIB

Pelaksana Tugas Sekretaris BNPP Widodo Sigit Pudjianto saat melakukan sosialisasi

Bogor, INDONEWS.ID - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menggelar Sosialisasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Perbatasan Tahun 2018 di Bogor, Kamis (2/8/2018) kemarin.

Sosialisasi dan Pengembangan SDM diikuti seluruh pegawai BNPP, perwakilan Pos Lintas Batas Negara (PLBN).  Kegiatan dilaksanakan dengan dasar Pasal 3 Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2010 beserta perubahannya. Dimana mengamanatkan bahwa BNPP mempunyai tugas menetapkan kebijakan program pembangunan perbatasan, menetapkan rencana kebutuhan anggaran, mengkooordinasikan pelaksanaan dan evaluasi serta mengawasi pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Negara. 

Pelaksana Tugas Sekretaris BNPP Widodo Sigit Pudjianto mengatakan, saat ini permasalahan yang muncul dalam upaya meningkatkan efektifitas tata kelola pengelolaan perbatasan semakin kompleks. Dari masalah batas Negara yang belum selesai (OBP), lintas batas Negara, pengelolaan potensi dan infrastruktur. Keseluruhan permasalahan itu perlu dimanage untuk penyelesaiannya. 

"Dorongan dari Kementerian/Lembaga teknis yang membangun perbatasan menginginkan agar BNPP lebih berperan aktif sebagai mediator dan koordinator, merupakan penyemangat bagi kita terlibat lebih untuk memfasilitasi dan memediasi persoalan-persoalan batas Negara dan pembangunan kawasan," kata Sigit.

Menurut Sigit, perlu ada kebersamaan yang kuat diantara pejabat dan pegawai BNPP, bukan hanya karena struktur jabatan tetapi karena kecintaand an rasa memiliki pekerjaan sehingga harapan K/L diatas kepada BNPP dapat dilaksanakan dengan baik dan optimal.

Sosialisasi dan Pengembangan SDM Perbatasan, lanjut Sigit yang juga Kabiro Hukum Kemendagri, dimaksudkan sebagai upaya internal BNPP dalam meningkatkan ketrampilan dalam menyelesaikan masalah dan pengambilan keputusan. 

"Kegiatan juga untuk membangun kebersamaan, penyatuan visi dan misi lembaga serta memberikan semangat dan meningkatkan integritas bagi pejabat dan pegawai di lingkungan BNPP," terangnya. 

Sesuai rencana, tambah Sigit,  Sosialisasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perbatasan Tahun 2018 digelar selama tiga hari, Kamis - Sabtu, 2-4 Agustus 2018. Secara keseluruhan, kegiatan diikuti 338 peserta. (Hdr)

 

Artikel Terkait