Nasional

Puan Resmi Buka Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan

Oleh : luska - Jum'at, 03/08/2018 10:15 WIB

Puan memimpin potong rangkaian melati tanda resminya dibuka pameran seni koleksi Istana Kepresidenen di Galeri Nasional.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani resmi membuka pameran seni koleksi Istana Kepresidenan, yang bertemakan tema `Indonesia Semangat Dunia`.

Dalam pameran yang digelar untuk ketiga kalinya ini , menampilkan 45 koleksi Istana dari lima Istana Kepresidenan yaitu Istana Kepresidenan Jakarta, Istana Bogor, Istana Tampaksiring, Istana Yogyakarta, dan Istana Kepresidenan Cipanas. Hasil karya seniman kondang dan legendaris juga turut andil dalam pemaran tersebut  diantaranya Raden Saleh, Dullah, Henk Ngantung, Nasjah Jamin, Basoeki Abdullah serta Harijadi S. Sementara dari mancanegara, antara lain Zsiemond Kisfaludi Strobel, Walter Spies, Fernando Amorsolo dan Yevgeny Viktorovich Vuchetich.

Selain terpampang lukisan, pameran seni juga dipajang sejumlah patung ditambah dengan koleksi lainnya. Pameran akan berlangsung mulai 3-31 Agustus 2018 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

Puan Maharani mengatakan Galeri Nasional Indonesia telah menjadi tuan rumah bagi pekerja dan pecinta seni untuk berkreasi. Serta mampu mengapresiasi karya seni untuk pendidikan maupun rekreasi. Selain itu pemeran tersebut merupakan rangkaian kegiatan menyambut Asian Games 2018.

Puan berharap Galeri Nasional bisa menjadi tempat wisata bagi warga negara asing yang datang saat perhelatan Asian Games.

"Karena pameran merupakan satu rangkaian Asian games dibuka 18 Agustus. Tentu Kami berharap Galeri Nasional (Galnas) akan jadi satu tempat tujuan wisata kesenian atau budaya bagi 16 ribu orang asing yang akan datang ke Indonesia," kata Puan di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, Jumat (3/8/2018).

“Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, pameran seni koleksi Istana Kepresidenan di Galeri Nasional saya buka secara resmi,” tutur Puan sambil pengguntingan pita bersama dengan Mensesneg Pratikno, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, Mendikbud Muhadjir Effendy, dan Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmidjo.

Dalam kesempatan yang sama, Mensesneg Pratikno menyebut, pameran tersebut merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-73 kemerdekaan Republik Indonesia.

"Penyelenggaraan tahun ini lebih istimewa karena bersamaan dengan penyelengaraan Asian Games 2018," tambah dia.

Dikatakan Pratikno, salah satu patung yang akan dipamerkan adalah patung orang memanah yang dibuat pada 1919 yang biasa terpajang di depan Istana Negara menghadap ke Jalan Veteran. "Kemudian juga lukisan memanah tahun 1944 karya Henk Ngantung, lukisan perkelahian dengan singa tahun 1870 hadiah dari Ratu Juliana kepada Pemerintah Indonesia," katanya.

Pameran seni koleksi Istana Kepresidenan itu, kata Pratikno, merupakan kerja sama dengan beberapa pihak seperti Badan Ekonomi Kreatif, Galeri Nasional, Bank Mandiri, Kemendikbud, Kemenpar.

Pameran koleksi Istana Kepresidenan ini juga dimeriahkan oleh peragaan manusia-manusia patung yang bergaya ala olahragawan seperti manusia patung yang tengah memanah, lempar lembing, golf, menembak, dengan makeup serba warna emas.(Lka)

Artikel Terkait