Nasional

Mensos : Pemerintahan Tekan Angka Kemiskinan Hingga 9 persen

Oleh : luska - Sabtu, 04/08/2018 13:18 WIB

Menteri Sosial Idrus Marham. (Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Sosial, Idrus Marham mengatakan di kepemerintahan Presiden Joko Widodo ditargetkan penekanan angka kemiskinan di Indonesia sebesar 9 persen.

Penekanan angka kemiskinan tersebut dibawah angka yang dicatat Badan Pusat Statistik sebesar 9,82 persen pada Maret 2018 dan 10,12 persen pada September 2017.

"Pemerintah berkomitmen menekan angka kemiskinan menjadi 9 persen atau minimal 9,3 persen," kata Menteri Sosial, Idrus Marham di Jakarta, Sabtu (4/8/2018).

Dikatakan Idrus, untuk menekan angka kemiskinan tersebut, pemerintah menerapkan beberapa kebijakan, salah satunya adalah yang dikerjakan oleh Kementerian Sosial koordinasi dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) terkait penyaluran bantuan tunai maupun non tunai.

"Kita sepakat, secara bersama-sama, Himbara siap semua seluruh kelembagaan jaringan perbankan yang ada untuk mencapai target 9 atau 9,3 persen," imbuhnya.

Selain itu, untuk lebih mengefektifkan program tersebut, Kemensos juga juga telah berkoordinasi dengan Perum Bulog terkait bantuan beras, juga bekerja sama dengan Kementerian Desa, Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agraria, dan lembaga terkait. (Lka)

Artikel Terkait