Bisnis

PNM Edukasi SMN Soal Pembiayaan untuk Tingkatkan Nilai UMKM

Oleh : very - Selasa, 07/08/2018 15:24 WIB

PNM Menado berikan edukasi SMN (foto Antara)

Manado, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memberikan edukasi kepada puluhan peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tentang visi dan misi PNM memberikan pembiayaan untuk meningkatkan nilai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"PNM merupakan salah satu BUMN yang harus diketahui oleh SMN sebagai pengetahuan," kata Kepala PT PNM Cabang Manado Alfian Langkamane dalam pembekalan Program SMN 2018 di Manado, Sulawesi Utara, Senin (6/8/2018) kemarin, seperti dikutip Antara.

Alfian mengatakan visi dari PNM yakni menjadi lembaga pembiayaan terkemuka dalam meningkatkan nilai tambah secara berkelanjutan bagi UMKM dan Koperasi yang berlandaskan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) atau Tata Kelola Perusahaan yang Baik.

Misinya adalah menjalankan berbagai upaya, yang terkait dengan operasional perusahaan, untuk meningkatkan kelayakan usaha dan kemampuan wirausaha para pelaku bisnis UMKMK.

Membantu pelaku UMKMK untuk mendapatkan dan kemudian meningkatkan akses pembiayaan UMKMK kepada lembaga keuangan baik bank maupun non-bank yang pada akhirnya akan meningkatkan kontribusi mereka dalam perluasan lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Alfian menjelaskan, untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas karyawan untuk mencapai kinerja terbaik dalam usaha pengembangan sektor UMKMK.

Karena itu, kata Alfian, PNM mengeluarkan beberapa produk untuk memberikan kemudahan bagi UMKM untuk mendapatkan pembiayaan.

PNM telah meluncurkan program pembiayaan langsung yang disebut ULaMM, atau "Unit Layanan Modal Mikro".

ULaMM merupakan layanan pinjaman modal untuk usaha mikro dan kecil yang disertai bimbingan untuk mengembangkan usahanya. ULaMM merupakan model atau terobosan baru bagi PNM karena penyaluran pembiayaannya dilakukan secara langsung baik kepada perorangan atau pinjaman untuk Badan Usaha (PT, CV, Firma, dll).

Selanjutnya, produk Mekaar yang memberikan layanan bagi wanita pra sejahtera yang tidak memiliki modal untuk membuka usaha maupun modal untuk mengembangkan usaha mereka.

Pelayanan nasabah Mekaar berbasis kelompok. Para wanita pra sejahtera secara berkelompok mendapat modal serta binaan untuk membuka usaha dan mengembangkan usaha mereka.

"Semoga pengenalan akan PNM ini akan memberikan pemahaman baru kepada peserta SMN yang berjumlah 23 siswa berasal dari 15 kabupaten dan kota, dan menjadi bekal ilmu di kemudian hari," jelasnya.(Very)

Artikel Terkait