Nasional

BMKG Bantah Info Gempa Susulan di Lombok

Oleh : hendro - Senin, 13/08/2018 12:13 WIB

Ilustrasi gempa (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Adanya informasi dari media sosial facebook mengenai akan ada gempa susulan gempa 6,9 SR, dibantah keras oleh pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, pihaknya tidak pernah merilis informasi adanya gempa susulan berkekuatan 6,9 SR di Lombok. Menurutnya, Informasi tersebut datang dari akun Facebook yang juga bukan milik BMKG.

"Informasi dalam laman Facebook tersebut bukan merupakan hasil kajian BMKG. Pemilik akun Facebook tersebut juga bukan pegawai BMKG," tegas Rahmat dalam siaran pers pada Senin (13/8/2018).

Rahmat menerangkan, perihal masih tersimpannya energi gempa yang belum lepas, informasi tersebut tidak menyebutkan sumber data serta metode analisis yang digunakan. Sehingga sambungnya, BMKG tidak dapat menilai tingkat kebenaran dan akurasi kajian tersebut.

"Hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempabumi dengan tepat dan akurat, kapan, dimana, dan berapa kekuatannya," ungkap Rahmat.

Oleh karena itu, Rahmat mengimbau agar masyarakat selalu mengkonfirmasi informasi-informasi yang masih simpang-siur. Pastikan juga kata Rahmat, apabila informasi terkait gempabumi maka harus bersumber dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak mudah percaya kepada informasi viral yang tidak bersumber dari lembaga yang berwenang," ujarnya.

Masyarakat juga diminta terus mengupdate informasi BMKG melalui aplikasi android, iOS "Info BMKG", Twitter @infoBMKG dan website BMKG http:www.bmkg.go.id (hdr)
 

Artikel Terkait