Nasional

Helikopter Dauphin -HR-3601 perkuat Satgas MTF TNI di Lebanon

Oleh : luska - Sabtu, 18/08/2018 16:17 WIB

Helikopter Dauphin -HR-3601 perkuat Satgas MTF TNI di Lebanon

Jakarta, INDONEWS.ID - Helikopter TNI Dauphin -HR-3601 diberangkatkan dalam rangka mendukung misi Satgas MTF TNI XXVIII-J/ Unifil dengan menggunakan pesawat cargo Antonov AN-124 Volga Dnepr dengan upacara pelepasan di Apron Baseops Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanudal) Juanda Surabaya.

Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah mengatakan penerbangan pesawat cargo yang mengangkut Helikopter TNI Dauphin -HR-3601 dan 9 personel awak Pesawat Udara serta material perbekalan dan dukungan logistik dengan menempuh rute penerbangan Surabaya- Bandara Chennai India untuk melaksanakan refueling dan crew rest dan selanjutnya langsung menuju Rafiq Hariri International Airport (RHIA) Beirut, Lebanon.

Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah mengatakan penerbangan pesawat cargo yang direncanakan tiba pada tanggal 18 Agustus 2018 pukul 14.00 waktu setempat dan selanjutnya dilaksanakan kegiatan unloading Cargo Helikopter TNI Dauphin -HR-3601 dari pesawat Antonov AN-124 Volga Dnepr di bandara Rafiq Hariri International Airport Lebanon.

Selanjutnya personel tehnisi Crew Helikopter melaksanakan pemasangan Main Rotor Blades dan melaksanakan Ground Run Helikopter dalam rangka mengecek kesiapan pesawat Helikopter Dauphin -HR-3601. Sedangkan 4 pilot melaksanakan Induction Training atau pelatihan di Naqoura, Lebanon tambahnya

Lebih lanjut Kapuspen TNI menyampaikan pergeseran pesawat Helikopter TNI Dauphin -HR-3601 menggunakan angkutan jalan darat menuju KRI Usman Harun – 359 yang saat ini sedang bertugas sebagai Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL.

Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah untuk mengecek kesiapan secara operasional dilaksanakan Test Flight Helikopter TNI Dauphin -HR-3601 dengan rute terbang RHIA sampai dengan Area operasional dan kembali ke RHIA. Test tersebut dilaksanakan di area operasional yang menjadi kewenangan satuan tugas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL dibawah Komandan Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H., M.Si.

“Hasil Test Flight Helikopter TNI Dauphin -HR-3601, secara operasional baik, selanjutnya akan kembali on board di KRI Usman Harun – 359 yang saat ini melaksanakan tugas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIl dan selanjutnya akan dilaksanakan inspeksi helikopter oleh staf Regional Aviation Safety Officer (RASO) di KRI usman Harun-359, kata Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah.

Pada acara pelepasan yang dipimpin Danpusnerbal Laksma TNI Dwika Tjahyadi di Apron Baseops Lanudal Juanda Surabaya dihadiri Paban VI Asisten Logistik Panglima TNI, para pejabat jajaran Pusat Penerbangan Angkatan Laut, Ketua Korcab I Jalasenastri dan jajaran pengurus turut mendampingi para istri kesembilan awak Pesud Helikopter Dauphin -HR-3601.

Artikel Terkait