Internasional

Antusias Diaspora Indonesia Peringati HUT RI ke 73 KBRI Bern

Oleh : hendro - Senin, 20/08/2018 05:06 WIB

Duta Besar RI Bern, Muliaman Hadad menyerahkan bendera pusaka merah putih saat upacara bendera 17 Agustus di KBRI Bern lalu.

Bern, INDONEWS.ID - Sebagai puncak rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI ke-73, pada tanggal 17 Agustus 2018 lalu di Wisma Duta RI Bern, KBRI Bern mengadakan Upacara Kenaikan Bendera yang diikuti oleh ratusan diaspora Indonesia yang berada di Swiss dan Liechtenstein. 

Meskipun berada ratusan kilometer dari Bern, para diaspora Indonesia dari berbagai kota di negara akreditasi dengan antusias menghadiri perayaan kemerdekaan Indonesia.
 
Kegiatan diawali dengan upacara pengibaran bendera pada pukul 09.30 yang berlangsung dengan penuh khidmat. Suatu kebanggaan tersendiri melihat sang saka merah putih berkibar di langit kota Bern yang cerah diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. 

Upacara penaikan bendera didukung oleh anak-anak Indonesia usia 7 hingga 15 tahun sebagai pasukan pengibar bendera. Menjadi tradisi KBRI Bern untuk mengajak anak-anak sebagai bagian dari tim paskibra untuk menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini meskipun anak-anak tersebut tinggal jauh dari Indonesia.
 
Dalam sambutannya, Duta Besar RI Bern, Muliaman Hadad menyampaikan bahwa tema peringatan HUT RI ke-73 "Kerja Kita Prestasi Bangsa” diharapkan akan mampu membangkitkan semangat rakyat Indonesia untuk terus bekerja bersama-sama di dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik, sejahtera dan maju. 

Perjuangan Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan adalah sejarah yang tidak boleh dilupakan sebagai fondasi untuk menatap masa depan. Nikmat kemerdekaan Indonesia selama 73 tahun harus diisi dengan karya positif anak bangsa, untuk dapat meningkatkan prestasi bangsa Indonesia. 

Sebagai bentuk prestasi bangsa, Didik Siswantoyo penggiat bela diri Perisai Diri di  kota Jenewa memperagakan Pencak Silat olah raga tradisional Indonesia. 

Acara dilanjutkan dengan berbagai macam perlombaan khas 17an. Tua dan muda, WNI dan WNA, pria dan wanita semuanya berpartisipasi memeriahkan perayaan 17 Agustus di Wisma Duta. 

Anak-anak Indonesia sangat antusias mengikuti berbagai perlombaan khas 17 Agustus, antara lain lomba lari bendera, lomba balap karung, makan kerupuk, dan lain sebagainya. Sementara itu, KBRI Bern juga kembali menggelar lomba Duta Kemerdekaan, untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat yang berperan serta aktif sebagai Duta dalam mempromosikan citra positif Indonesia di negara akreditasi. 

Pemilihan Duta Kemerdekaan ini merupakan tradisi di KBRI Bern, yang pertama kali diadakan pada tahun 2011. Pada peringatan HUT RI ke-73 kali ini dimenangkan oleh Nanik Sarah, diaspora Indonesia yang aktif mempromosikan kerajinan tangan Indonesia di Swiss dan sekitarnya.

Untuk memupuk semangat sportivitas, KBRI juga mengajak keluarga besar masyarakat Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam pertandingan olah raga, diantaranya yaitu pertandingan bowling, yang telah diadakan pada tanggal 4 Agustus 2018, serta pertandingan gaple dan jalan sehat yang diadakan pada tanggal 11 Agustus 2018 di Wisma Duta RI Bern. 

Selain memenangkan berbagai hadiah menarik dari berbagai jenis perlombaan, para warga yang datang pun berkesempatan memenangkan door prize dengan hadiah utama 2 (dua) unit sepeda dan hadiah perlombaan menarik lainnya seperti kamera aerial. 

Di tengah peringatan HUT RI ke-73, KBRI Bern juga tidak lupa mengajak para diaspora Indonesia untuk meningkatkan solidaritas terhadap sesama, terutama korban bencana alam di Lombok. Hingga saat ini, KBRI Bern telah berhasil mengumpulkan CHF 1.100 atau sekitar 15 juta rupiah untuk disumbangkan kepada para korban bencana di Lombok.(hdr)

Artikel Terkait