Dan Konga UNIFIL Pimpin Upacara HUT RI Ke-73 di Lebanon

Oleh : hendro - Minggu, 19/08/2018 19:57 WIB

Komandan Kontingen Garuda (Dan Konga) United Nations Interim Forces In Lebanon (UNIFIL) Kolonel Inf Murbianto memimpin pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-73 dengan Komandan upacara Mayor Inf Didiet Trilaksono yang sehari-hari menjabat sebagai Wadan Satgas Indobatt XXIII-L, bertempat di lapangan Sukarno, Markas Indobatt UNP 7-1, Adchits Alqusayr, lebanon selatan, Jumat (17/8/2018) lalu.

Lebanon, INDONEWS.ID - Komandan Kontingen Garuda (Dan Konga) United Nations Interim Forces In Lebanon (UNIFIL) Kolonel Inf Murbianto memimpin pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-73 dengan Komandan upacara Mayor Inf Didiet Trilaksono yang sehari-hari menjabat sebagai Wadan Satgas Indobatt XXIII-L, bertempat di lapangan Sukarno, Markas Indobatt UNP 7-1, Adchits Alqusayr, lebanon selatan, Jumat (17/8/2018) lalu.

Dalam amanat Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. yang dibacakan Dan Konga UNIFIL Kolonel Inf Murbianto disampaikan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 akan terus diwariskan kepada generasi penerus bangsa, dan rakyat seutuhnya.

"Selama 73 tahun bangsa Indonesia telah mengisi kemerdekaannya, tidak mudah negeri ini untuk melepaskan diri dari berbagai tantangan dan hambatan”, demikian diucapkan Kolonel Inf Murbianto saat membacakan amanat Kasum TNI.

Dalam rangkaian HUT RI ke-73 di Lebanon juga digelar berbagai kegiatan antara lain, Indobatt mini football competition 2018, Garuda run 12K, yang melibatkan masyarakat umum dan militer serta perlombaan tradisi khas Indonesia yang turut mewarnai kemeriahan HUT kemerdekaan RI dengan tema "Kerja Kita Prestasi Bangsa".

Sementara itu disela-sela acara rangkaian HUT RI ke-73 Komandan Satgas Indobatt XXIII-L Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P. mengatakan bahwa berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan juga bertujuan untuk semakin mendekatkan hubungan antara masyarakat dengan UNIFIL yang selama ini telah terjalin sangat baik.

"Kami memperkenalkan  aneka kekayaan seni budaya bangsa Indonesia termasuk menampilkan aneka makanan khas", ujar Letkol Inf Arfan Johan Wihananto disela sela-acara.

Pada rangkaian acara tersebut juga dilaksanakan pemberian hadiah dan piagam kepada prajurit Indobatt yang berprestasi kemudian dilanjutkan dengan penampilan drum band serta penampilan seni budaya khas Indonesia berupa kolaborasi seni tari Tek- Tek, Barongan dan Reog oleh prajurit Indobatt.

Turut hadir dalam rangkaian upacara peringatan HUT RI ke-73 Komandan sektor timur UNIFIL Brigadier General Jose Luis Sanches Martinez, beberapa pejabat teras sektor timur UNIFIL, para Dansatgas tiap-tiap Kontingen dari berbagai negara asing, pejabat pemerintahan dan tokoh masyarakat Lebanon lainnya.( Hdr)

Artikel Terkait