Nasional

KIK Fokus ke 9 Provinsi dalam Perolehan Suara Pemilu 2019

Oleh : luska - Minggu, 19/08/2018 22:40 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Koalisi Indonesia Kerja (KIK), menganalisi ada sembilan wilayah yang menjadi perhatian khusus koalisinya di dalam perolehan suara bagi pasangan Jokowi-Ma`ruf Amin dalam Pemilu 2019 mendatang.

Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate menyebutkan kesembilan provinsi itu adalah Aceh, Sumatra Barat (Sumbar), Jawa Barat (Jabar), Banten, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Kalimantan Selatan. Namun, Johnny tak menyebut tiga sisa provinsi yang dimaksudkan.

"Kami lakukan analisis landscape kontestasi, ada sembilan daerah jadi perhatian. Namun di beberapa provinsi, basis partai koalisi sangat jauh lebih kuat," kata Jhonny kepada wartawan, di Media Center Koalisi Indonesia Kerja, Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (19/8/2018).

Ditambahkan Jhonny koalisi ini juga telah melakukan pengamatan khusus di sembilan daerah tersebut dan telahmenyiapkan strategi untuk memenangkan sembilan provinsi ini.

Kendati begitu, kata Johnny, pihaknya tetap melalukan penetrasi untuk menjaga dan meningkatkan basis-basis elektoral Pilpres di wilayah yang pada 2014 telah dimenangkan.

Data KPU mencatat 10 provinsi tersebut, antara lain Aceh, Sumbar, Riau, Sumatra Selatan (Sumsel), Jabar, Banten, NTB, Kalsel, Gorontalo, dan Maluku Utara (Malut).

TAGS : kik 9 provinsi

Artikel Terkait