Nasional

Bayarlah Upah Pekerjamu Sebelum Keringatnya Kering (Atlet vs Dokter)

Oleh : indonews - Selasa, 04/09/2018 12:01 WIB

Bayarlah upah pekerjamu sebelum keringatnya kering (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Selamat kepada seluruh atlet Indonesia yang telah membawa harum nama bangsa kita di ajang Asian Games. Terima kasih Pak Presiden yang telah memberikan bonus kepada para juara kita sebelum keringat mereka kering. 

Namun hal ini sangat bertolak belakang dengan yang dirasakan dokter di Indonesia. Semoga kelak kami juga bisa merasakan hal yang sama, dibayarkan honornya sebelum keringat kami kering. 

Tak lepas dari ingatan saya beberapa tahun lalu  sewaktu honor saya selama sembilan bulan lamanya belum dibayarkan pihak RS, perlu perjuangan yang gigih agar hak-hak tersebut terpenuhi. Tahun lalu juga saya merasakan kembali pahitnya tidak dibayar sampai saat ini. Padahal pelayanan sudah saya berikan sebaik mungkin, tak jarang harus bangun tengah malam demi menyelamatkan pasien-pasien serangan jantung yang bisa terjadi kapanpun jua serta mandi radiasi demi mencoba memperbaiki aliran koroner yang sumbat. Tapi apa daya, mereka yang mengakunya hanya badan pengelola dana pandai berdalih dengan segala alasan. Mungkin demi mengurangi defisit, ah itu harusnya urusan mereka bukan kami yang dikorbankan. 

Kembali ke para atlet tadi yang menghabiskan waktu bertahun-tahun bahkan belasan tahun berlatih agar menjadi atlet yang profesional, demikian pula profesi dokter yang menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk belajar dan berlatih agar kelak menjadi dokter yang profesional. Bahkan saya telah menghabiskan waktu selama 20 tahun belajar dan berlatih terus-menerus demi menolong pasien.

Semoga kelak nasib kami para dokter juga mendapatkan perhatian yang sama dengan para atlet di Tanah Air tercinta ini.

 

dr.Andika Sitepu, SpJP(K), FIHA, FAPSC

Dokter Sp Jantung dan Pembuluh Darah

Cardiac Interventionist-Intensivist

Artikel Terkait